Kompilasi Pena

Cara Agar ASI Banyak

Cara Memperbanyak Produksi ASI pada ibu menyusui adalah merupakan bagian dari impian dan jugaidaman bagi para ibu yang menyusui setelah proses melahirkan selesai. Karena dengan ASI banyak keluar tentunya akan membuat bayi dapat menyusui dengan benar dan mendapat manfaat ASI yang begitu besar bagi kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangan anak dan bayi itu sendiri. untuk itulah pengetahuan cara ASI ibu menyusui banyak dan lancar perlu juga diketahui demi kelancaran pemberian ASI dari ibu kepada bayinya.

Ketika seorang ibu yang baru bersalin dan juga mempunyai bayi dan keinginan untuk bisa memberikan ASI-nya besar sedangkan dalam beberapa kenyataan yang ditemui di lapangan produksi air susu ibu (ASI) nya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka mengetahui tips memperbanyak ASI atau cara agar ASI keluar banyak atau pun tips agar ASI lancar keluarnya harus dimiliki dan dipahami dengan baik juga. Dan peranan tugas ibu dalam pemberian ASI juga berlanjut terus sampai dengan anak berumur 2 tahun. Ini yang disebut dengan pemberian ASI eksklusif.

Cara Agar ASI Banyak

Bagaimana tips ASI ibu menyusui banyak dan berlimpah. Berikut ini adalah tipsnya :

Ada beberapa hal serta kiat ibu menyusui agar produksi ASI keluar banyak dan diantaranya yaitu dengan melakukan hal-hal seperti berikut ini :
Meningkatkan frekuensi menyusui.
Prinsip produksi ASI pada dasarnya based on demand sama halnya dengan prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak ASI yang dihasilkan oleh para ibu yang menyusui. Jadi bila kita temui bayi kita sudah merasakan kenyang karena minum air susu ibu, maka perahlah atau peras susu ibu (memompa). Banyak alat yang tersedia untuk memompa ASI ini yang dijual di apotik-apotik atau toko-toko tempat membeli perlengkapan bayi.

Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui Terpenuhi Dengan Baik.
Seperti halnya pada ibu hamil juga harus dapat terpenuhinya Nutrisi Gizi Ibu Hamil. Karena dengan memenuhi kebutuhan gizi ibu menyusui akan makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta daging susu untuk ibu menyusui maka akan berdampak positif bagi ibu dalam rangka memproduksi ASI yang banyak dan juga bisa menghasilkan ASI berlimpah dan lancar.

Perawatan Payudara.
Perawatan payudara ini sebaiknya juga dilakukan ketika saat hamil tua. Karena perawatan payudara pada kehamilan adalah salah satu upaya kiat agar ASI banyak dalam rangka mempersiapkan menyusui. Setelah melakukan payudara saat hamil maka hal ini diteruskan pula ketika mulai menyusui.

Hindari Susu Formula Untuk Bayi.
ada sebagian para ibu yang menyusui setelah mengalami produksi asi sedikit biasanya akan beralih ke pemberian susu formula. Justru dengan pemberian susu formula ini akan menyebabkan produksi ASI semakin tidak lancar. Anak akan menjadi relatif malas menyusu atau bahkan mengalami bingung puting terutama pemberian susu formula dengan memakai dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya sudah merasa kenyang. Sehingga volume ASI akan makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan maka makin sedikit ASI yang akan diproduksi.

Konsumsi Air Putih Yang Banyak.
Dengan para ibu yang menyusui banyak minum air putih akan sangat membantu dalam meningkatkan produksi ASI ibu. Dan ini juga termasuk dalam cara tips memperbanyak memperlancar ASI yang bisa ibu menyusui lakukan.

Kondisi Psikologi Ibu Menyusui Yang Baik.
Maksud akan hal ini adalah dalam memberikan ASI juga membutuhkan kondisi psikis yang rileks dan siap untuk menyusui. Bila pada awal hamil sang ibu tidak berniat menyusui bayinya saat lahir maka hal ini akan berpengaruh terdapat pengeluaran dan produksi ASI pada saat tiba waktunya untuk menyusui sang bayinya. Keadaan kondisi psikologis ibu menyusui sangat menentukan angka keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Dengan kesiapan ibu dalam memberikan air susunya maka hal ini adalah salah satu jalan agar ASI banyak keluar.

Satu hal lagi bahwasannya peluang dan kesempatan dalam memberikan ASI pada hari-hari awal kehidupan bayi ketika baru dilahirkan juga bisa ditingkatkan dengan proses inisiasi menyusu dini(IMD). Pada proses tahapan ini bayi dibiarkan mencari puting susu ibu sendiri. Ibu dapat merangsang bayi dengan sentuhan lembut.

Jika diperlukan, ibu boleh mendekatkan bayi pada puting. Sentuhan itu juga merangsang hormon lain yang membuat ibu jadi tenang, relaks dan mencintai bayi, serta merangsang pengaliran ASI dari payudara dan hal ini bisa memperlancar pengeluaran ASI . pula. Demikian beberapa kita agar air susu ibu banyak dan produksi ASI lancar yang kesemuanya itu akan bermanfaat bagi sang ibu dan juga bagi sang bayinya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment