Kompilasi Pena

Tujuan Manfaat Perawatan Payudara Dalam Kehamilan

Tips cara merawat payudara agar ASI lancar dan banyak adalah merupakan salah satu bagian yang perlu dipersiapkan oleh para ibu hamil dalam menyiapkan proses kelahirannya. Karena memang tugas kewajiban ibu setelah melahirkan tentunya adalah dengan memberikan dan menyusui ASI kepada bayinya dan buah hatinya tersebut. Karena memang salah satu dalam cara tips agar produksi ASI banyak berlimpah adalah dengan melakukan perawatan payudara ibu hamil itu sendiri.

Air susu ibu atau lebih dikenal dengan sebutan ASI sangat penting untuk perkembangan bayi, terutama untuk bayi yang baru lahir. ASI sendiri memiliki banyak kandungan di dalamnya sehingga dapat membuat bayi memperoleh banyak asupan yang sesuai jika dibandingkan dengan meminum susu formula buatan pabrik-pabrik. Usia bayi yang baik untuk mendapatkan ASI adalah saat mereka berusia 0-6 bulan. Inilah yang disebut dengan ASI Eksklusif.

Perawatan Payudara Ibu Hamil

ASI merupakan makanan pokok bayi yang kaya kandungan gizi dan menyehatkan. Agar asupan gizi bayi terpenuhi diperlukan ASI yang cukup untuk meningkatkan metabolisme tubuhnya. Agar produksi ASI lancar ibu sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi dan merawat payudara sedini mungkin.

Manfaat Perawatan Payudara Ibu Hamil


Perawatan payudara sedini mungkin dapat membantu meningkatkan produksi ASI setelah melahirkan. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari merawat payudara selama kehamilan :
  • Kebersihan payudara terutama puting susu lebih terjaga
  • Menguatkan dan melenturkan puting susu agar memudahkan bayi menyusu
  • Mempersiapkan psikis atau mental ibu untuk menyusui
  • Merangsang kelenjar air susu sehingga produksi ASI lancar dan banyak
  • Bisa mendeteksi lebih dini jika terdapat kelainan-kelainan di payudara sehingga bisa melakukan pengobatan sesegera mungkin.

Tehnik Cara Perawatan Payudara


Cara perawatan payudara dapat dilakukan dengan beberapa tahap. Perawatan payudara breastcare seperti yang pernah diupdate artikelnya di dalam artikel tentang Perawatan Payudara Dalam Kehamilan ini dapat dilakukan dengan metoda seperti berikut ini :
  1. Bila umur kehamilan semakin membesar, tentunya diserta juga dengan membesarnya payudara sehingga dengan hal ini maka gantilah ukuran BH ibu hamil dengan yang lebih besar dengan tujuan dan manfaat memberikan rasa nyaman pada ibu hamil dan juga memberikan dukungan pada organ payudara itu sendiri.
  2. Menggunakan BH yang khusus dirancang untuk menyusui pada akhir-akhir masa kehamilan dan ini akan mempermudah dan melatih ibu hamil tatkala sudah tiba saat menyusui dan hal ini juga mencegah mastitis (Infeksi pada kelenjar susu pada payudara). Mempersiapkan puting susu ibu.
  3. Biasanya masalah pada saat menyusui adalah puting susu yang rata atau masuk kedalam. Bila hal ini dibiarkan maka sang bayi akan mengalami kesulitan dalam menyusui. Caranya dengan lembut putar puting antara telunjuk dan ibu jari ibu sekitar 10 detik sewaktu mandi. Bila mengalami masalah puting susu masuk kedalam bisa dikonsultasikan caranya kepada bidan atau pun dokter.
  4. Pada tahap akhir bulan kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara didaerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu. Pada saat itu mungkin puting susu akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum (cairan kental bewarna kekuningan dari putting). Hal ini digunakan dan bermanfaat untuk membantu membuka saluran susu.
  5. Membersihkan payudara dan puting, jangan mengunakan sabun didaerah puting susu karena hal ini bisa menyebabkan daerah tersebut kering. Gunakan air saja lalu keringkan dengan handuk.

0 komentar:

Post a Comment