Kompilasi Pena

Tips Kenali Dan Gali Potensi Anak

Tips Kenali Dan Gali Potensi Anak.Melanjutkan postingan kemarin yaitu mengenai Tips Komunikasi Efektif Untuk Anak maka pagi ini Kompilasi Pena akan kembali memposting tentang tips anak-anak kembali yaitu Tips Kenali Dan Gali Potensi Anak.Selamat menyimak sobat dan langsung saja cek it dot...

Sebenarnya anak itu unik, setiap anak punya karakter yang berbeda. Namun Ibu atau orangtua akan terasa terbantu bila sedari dini menggali potensi anak-anaknya. Anak pun begitu ingin mengisi hari-harinya dengan suatu kegiatan yang berarti baginya. Semoga tercipta generasi kita yang punya potensi diri, aamiin.


Berikut adalah tips kenali dan gali potensi nak :

  1. Amati Bakat Keluarga Besar. --- Amati pola bakat yang ada di masing-masing keluarga besar, baik ayah maupun ibu.Bakat bagaikan 'berlian' yang terpendam.Karena itu, orang tua perlu jernih melihat dan mengobservasi diri apa potensi/bakat masing-masing.Selain itu, lihat dan telusuri pula generasi sebelumnya, apa potensi dan bakat mereka, lalu rumuskan menjadi suatu rumpun bakat yang menjadi cikal bakal bakat si buah hati.Misal : ayah dan bundanya mempunyai potensi dan bakat di bidang musik.Kecenderungan ini akan diturunkan pada anak, soal adanya perbedaan aliran atau jenis musik itu hanya perkara selera saja.
  2. Beri Atensi. --- Atensi orang tua bisa berupa memberikan sarana, prasarana, meluangkan waktu mendampingi anak latihan, mengikutkan anak berbagai lomba, dan sebagainya.Buatlah atmosfer yang emndukung anak untuk mewujudkan bakatnya.
  3. Bukan Trial and Error. --- Proses menemukan bakat pada anak tak perlu dengan cara disibukkan masuk banyak les atau pun kursus yang bersifat trial adn error, apalagi bila itu bukan menjadi minat anak anak dan dengan cara memaksa.Tak jarang anak sekadar ikut-ikutan teman, anak tetangga atau lainnya.Ini tentu akan membuang waktu, energi dan dana.Jadi penggalian potensi harus sejalan dengan minat anak.Jika anak enjoy, bakat dan potensi kecerdasannya pun akan muncul.
  4. Komitmen dan Konsisten. --- Tentunya untuk mencuatkan bakat, perlu komitmen dan kesungguhan dalam menjalaninya.Pasalnya, proses dari potensi dan minat mewujud jadi bakat itu perlu waktu dan latihan.Jadi harus tekun, disiplin, ulet dan tak bosan, baik anak maupun orangtuanya.Lakukan latihan secara konsisten, karena untuk teraktualisasi menjadi bakat butuh stimulasi yang tetap dan terus-menerus, membentuk habituasi.Ibarat tanaman butuh diberi pupuk dan disiram serta dirawat dan diperhatikan.

Sekali lagi bahwa pengembangan bakat bukanlah hal yang instan, melainkan butuh proses panjang.Makin sering latihan, ikut lomba atau berkompetisi, akan makin teruji dan bakat itu makin muncul.

Sampai di sini dulu sobat postingan pena tentang Tips Kenali Dan Gali Potensi Anak.Semoga artikel tips kenali dan gali potensi anak ini dapat bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment