Kompilasi Pena

Mengenal Manfaat Buah Pisang

Mengenal Manfaat Buah Pisang.Melanjutkan postingan kita yang terakhir sobat yaitu Tips Kenali Dan Gali Potensi Anak maka pagi ini pena akan kembali berbagi tentang Mengenal Manfaat Buah Pisang Selamat menyimak sobat dan langsung saja cek it dot...

Tahukah kita sobat bahwa buah pisang ini termasuk makanan paling bayak yang dikonsumsi oleh masyarakat dunia.Tidak hanya enak rasanya, pisang juga kaya manfaat sebagai penyembuh berbagai penyakit.
Buah Pisang termasuk sumber penting dalam men-suplly zat karbohidrat bagi tubuh, yaitu memberi kekuatan dan suhu tubuh pada organ.Sebagian besar tepung kanji pada pisang yang sudah masak, dapat mengubah menjadi zat gula, mudah dikunyah dan enak rasanya.


Berikut ini manfaat buah pisang diantaranya yaitu :

  1. Sumber kekuatan tenaga. --- Karena mudah dicerna, gula buah cepat diubah menjadi glukosa secara tepat, diserap ke dalam peredaran darah kemudian diubah menjadi sumber tenaga.Buah ini, bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot dan juga untuk menghilangkan rasa lelah.
  2. Untuk Ibu Hamil. --- Pisang banyak disarankan untuk dikonsumsi ibu-ibu hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap oleh janin melalui rahim.Namun, sebaiknya tidak terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung kalori yang cukup banyak yaitu 85 - 100 kalori.
  3. Bagi penderita lever. --- Bagi penderita ini, mengkonsumsi pisang ( dianjurkan pisang emas ) ditambah satu sendok madu akan menambah nafsu makan dan menambah kuat.
  4. Bagi penyakit usus dan perut. --- Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus, karena dapat menetralkan lambung.Penelitian terakhir, buah pisang juga dapat menyembuhkan penyakit diare dan gangguan pencernaan.
  5. Bagi penderita anemia. --- Bagi mereka yang menderita kekurangan darah, memakan dua buah pisang setiap hari sudah cukup karena mengandung zat besi tinggi (0,6 mg)
  6. Bagi Diabetes. --- Masyarakat Gorontalo ( Sulawesi Utara ), kerap menjadikan pisang daerah setempat (goroho) sebagai makanan tambahan bagi penderita diabetes.Pisang garoho yang belum matang, lalu dikukus dan dicampur kelapa parut muda.
  7. Bagi luka bakar. --- Daun pisang dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar dengan cara dioles.Campurkan abu daun pisang yang dicampur minyak kelapa dapat mendinginkan kulit yang terbakar.
  8. Bagi penyakit kuning. -- Orang-orang cina menggunakan akar-akar pohon pisang sebabagi obat untuk menyembuhkan penyakit kuning, sakit kepala dan campak (cacar air).
  9. Mengatur berat tubuh. --- Pisang memiliki kegunaan untuk mengatur bobot tubuh, menaikkan atau menurunkan berat badan.Untuk mereka yang ingin berdiet, 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau susu cair perhari selama 3 hari dalam seminggu, akan mendapatkan 1250 kalori menu yang cukup menyehatkan.
  10. Kekurangan gizi. --- Penemuan terbaru dihasilkan bahwa buah ini setelah dilakukan penelitian oleh yayasan Pengetahuan Nasional telah membuktikan bahwa campuran pisang dengan buah kelapa dapat mengatasi kekurangan gizi.Saat ini para peneliti sedang mencoba untuk memproduksi antigen untuk coating virus hepatitis B dari tanaman pisang.Jika penelitian ini berhasil, maka akan mendapatkan vaksin yang lebih murah.

( Berbagai Sumber )

Sampai di sini dulu sobat postingan pena tentang Mengenal Manfaat Buah Pisang.Semoga artikel Mengenal Manfaat Buah Pisang ini dapat bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment