Kompilasi Pena

Tips Membantu Anak Belajar

Membantu Anak Belajar.Setelah kemarin pena memposting hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dan olahraga anak, maka hari ini pena akan mencoba berbagi hal yang lain dan tetap berkaitan dengan anak yaitu mengenai membantu anak belajar dan langsung saja check it dot... tips membantu anak beajar.

Setiap orang tua tentunya menginginkan kesuksesan anaknya dalam hal belajar dan setiap anak diberi anugerah yang berbeda-beda.Ada yang dianugerahi kemudahan menangkap pelajarn yang diberikan, ada yang bertahap dan ada juga yang mengalami kesulitan dalam hal proses belajar.Yang perlu diingat bagi para orang tua adalah setiap anak terlahir dengan potensi dan juga kecerdasan yang berbeda.Jadi kita pun tidak terlalu cemas bila anak mengalami kesulitan belajar dalam berhitung, karena mungkin dalam pelajaran yang lain ia jenius.
kiat membantu anak belajar,tips membantu anak belajar, membantu anak belajar, Kompilasi Pena
Untuk yang mengalami kesulitan dalam belajarnya sang anak, maka Kompilasi Pena akan berusaha berbagi tips membantu anak belajar.
Ini adalah beberapa kiat yang dapat membantu anak belajar diantaranya yaitu :

1. Bila anak kesulitan membaca dan menulis, kita sebagai orang tua bisa melakukan hal yang merangsang anak dengan bermain merangkai huruf-huruf yang berwarna-warni, untuk menarik minatnya belajar.Yang terpenting, buatlah suasan belajar rileks, tenang dan tidak menegangkan.Jika perlu, pada saat itu diselingi dengan cerita-cerita yang bisa memotivasi semangat belajar anak.

2. kalau anak kesulitan dalam hal berhitung, cobalah untuk membuatkan dia potongan-potongan lidi atau bambu yang bisa digunakan sebagai alat berhitung.Bisa juga kita membelikan alat bantu hitung seperti sempoa yang banyak dijual dan beredar di pasaran.Bantu anak melatih kemampuan berhitungnya dengan setahap demi setahap.Bersabarlah bila kemampuan belum seperti yang kita harapkan.

3. Jika anak kesulitan mencerna materi pelajaran, tetapi ia sudah bisa membaca dan menulis, cobalah untuk meminta ia membca materi pelajarannya berulang-ulang, sambil belajar memahami apa yang dibacanya..Dalam hal yang satu ini, biarkanlah sang anak memilih, mau membaca dengan keras, atau pelan.Bagi anak-anak tertentu, membaca keras bisa membantunya lebih mengingat dan memahami materi, karena telinganya juga mendengarkan apa yang dibacanya.Sementara bagi anak-anak yang lain, ada yang lebih cocok membacanya berulang kali dengan pelan sambil berusaha memahaminya yang dibacanya.

4. Latihlah sang anak untuk amu belajar dalam setiap harinya.Yaitu dengan meluangkan waktu untuk mengulangi materi yang telah dia dapatkan di sekolah hari ini.Untuk itu tidak perlu memakan waktu lama, karena bila kelamaan anak akan mengalami kebosanan dan tentunya ini tidak kita inginkan.Yang perlu dicatat, tanamkan bila belajar setiap hari itu penting.

5. Sekali-kali ajaklah anak bermain dan belajardari alam.Dari alam, ia bisa mendapatkan banyak pelajaran.

Demikianlah beberapa kiat membantu anak belajar dan semoga bermanfaat sobat pena semuanya

0 komentar:

Post a Comment