Kompilasi Pena

Penyebab Iphone 5 Mahal

Maraknya demam iPhone 5 di dunia dan juga Indonesia akhir-akhir ini bermunculan. Meskipun harga spesifikasi iPhone 5 ini berbanding lurus dengan performanya, maka tidak menyurutkan para pecinta iPhone 5 ini sehingga dalam waktu relatif singkat 50.000 unit iPhone 5 telah terjual habis dalam sebuah Pre-Order yang dibundling oleh perusahaan sekelas Telkomsel.

Penyebab Iphone 5 Mahal Di Indonesia

Lalu mengapa harga Iphone 5 ini mahal di Indonesia dibandingkan harga di negara asalnya yaitu AS ? iPhone 5 pada tanggal 14 Desember kemarin 3 operator besar yakni Telkomsel, Indosat dan XL akan meluncurkan smarthpone buatan Apple iPhone 5. Sayangnya harga iPhone 5 dengan memori 16GB ini dibanderol dengan harga 8,1 juta. Kecuali dipaket dengan operator tertentu. Padahal harga iPhone 5 di tetangga kita Singapura hanya 7,4 juta saja, sedangkan harga dari Apple hanya 649 dolar atau sekitar 6,25 juta.

Alasan mahalnya harga iphone 5 ini dikarenakan beberapa sebab yaitu :
  • Kebiasaan orang-orang Indonesia sendiri yang hobi berganti-ganti gadget smartphone sehingga hal ini membuat para vendor meluncurkan produk ini dengan harga yang relatif mahal dan bersaing di pasaran Indonesia.
  • Pajak Yang Mahal. Karena memang dikategorikan sebagai barang mewah tentunya ini menjadi salag satu alasan mahalnya iphone 5 ini. Bila pajak sudah masuk dalam kategori barang mewah vendor pu akan menaikkan harganya disesuikan dengan pajak yang dibayarnya.
  • Luas Wilayah Indonesia. Luas suatu wlayaha akan berpengaruh besar terhadap harga suatu barang. Kita bisa bandingan dengan negara kecil seperti singapura pasti harga iphone disana bisa dikatakan lebih murah dibanding di indonesia karena apa? Dengan sistem distribusi yang umum (barang secara fisik didistribusikan) pasti akan menambah transoprtasi dan biaya lainnya lagi.

0 komentar:

Post a Comment