Kompilasi Pena

Mengenal Anemia

Mengenal Anemia.Tentunya kita semua telah mengenal apa itu anemia? Hari ini Kompilasi Pena akan mencoba sharing tantang hal tersebut dan semoga mengenal anemia ini dapat berguna serta bermanfaat.

Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan.Hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah.Sebagai bahan bakunya diperlukan zat gizi dari makanan, termasuk berbagi vitamin (B2,B12) dan mineral.

anemia, mengenal anemia, Kompilasi Pena

Berikut beberapa Tanda Anemia menimpa seseorang :
  • Mudah letih bila melakukan aktivitas fisik/mental.
  • Nafas terasa pendek.
  • Pusing / sakit kepala.
  • Tidak nafsu makan.
  • Wajah terlihat pucat
Bila bagi kita yang awam dalam dunia kesehatan bila sudah merasakan hal tersebut, memang sebaiknya kita lebih waspada dan juga perlu mengetahui hal-hal bisa menyebabkan anemia.

Hal-hal yang bisa menyebabkan anemia adalah :
  1. Perdarahan (karena luka dan sebagainya)
  2. Kerusakan sel darah merah berlebihan ( bisa karena reaksi tranfuksi yang tidak cocok)
  3. Sel darah merah berkurang atau kurang gizi (zat besi,vit B2)
  4. Gagal ginjal
  5. Kanker
Demikian tadi sobat mengenal anemia dan moga manfaat ya.

0 komentar:

Post a Comment