Kompilasi Pena

Tips Sehat Puasa

Tips Sehat Puasa - Tips Sehat Dalam Berpuasa Puasa adalah merupakan salah satu syariat dalam agama Islam dan tentunya bagi umat Islam bila sedang dalam bulan Ramadhan diwajibkan untuk menjalankan puasa ramadhan. Dan tentunya dalam menjalankan kewajiban berpuasa kita juga memerlukan beberapa tips puasa sehat.

Tips Sehat Puasa

Berikut beberapa tips sehat selama puasa Ramadhan :
  1. Gembira menyambut dan melaksanakan ibadah puasa. Karena kegembiraan kita dalam menyambut Ramadhan ini adalah modal utama bagi jiwa dan psikologi kita. Dengan kita merasakan perasaan gembira maka epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh dalam hal ini akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa ramadhan.
  2. Jangan meninggalkan sahur. Agama Islam ini adalah agama yang mulia. Dibalik disunahkan bersahur banyak hikmah serta manfaatnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dan diriwayatkan oleh Anas, ia berkata: "Rasulallah pernah bersabda: 'Bersahurlah kamu, karena sesunguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan'" Mutaffaq'alaih H.R.Bukhari (1923) dan Muslim(1095). Itu adalah hadist keutamaan sahur yang telah disabdakan oleh Rasulullah. Agar kita tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa sahur adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan.
  3. Minum yang cukup. Dalam hal ini tips sehat puasa ramadhan adalah minum air putih yang cukup baik di kala berbuka maupun kala kita bersantap sahur. Karena menurut kesehatan kebutuhan tubuh yang sehat bagi konsumsi air ini adalah kurang lebih 2 liter. Tentunya pun tidak diminum sekaligus dan tergantung bagaimana kita mengaturnya.
  4. Berbuka dengan yang manis. Dan dalam hal ini disunnahkan berbuka dengan kurma. Rasulullah shallallahu ;alaihi wa sallam bersabda :"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud ). Demikian tadi hadist mengenai keutamaan berbuka dengan kurma. Makanan atau minuman yang manis saat berbuka akan segera meningkatkan kadar gula darah yang selama kita berpuasa mengalami penurunan.
  5. Saat pertama kai berbuka, jangan langsung minum air dingin atau pun es. Sebaliknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut kosong bisa menjadi kembung, bila kita langsung berbuka puasa dengan air dingin, maka asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak dan tentunya hal ini akan kurang baik bagi kita.
  6. Perbanyaklah dalam makan makanan yang tinggi serat seperti yang terdapat pada sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Hal yang satu ini penting untuk diperhatikan, karena tentunya dalam bulan Ramadhan akan banyak jenis makanan yang tersedia dan mudah didapatkan yang seringkali berbentuk manisan dan gorengan sehingga makanan yang mengandung serat seringkali dilupakan.
  7. Bagi penderita diabetes harus secara teratur memonitor gula darah mereka, cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa ada advis medis dan hal ini perlu dikonsultasikan dahulu dengan medis.

Ref : Sumber

0 komentar:

Post a Comment