Kompilasi Pena

Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan

Beragam jenis vitamin dan sumber banyak terdapat di negara kita tercinta ini. Karena ada begitu banyak macam-macam vitamin yang bisa bermanfaat bagi kita, maka selayaknyalah kita mengetahui akan berbagai sumber vitamin dan manfaatnya bagi tubuh kita baik itu yang menunjang kesehatan atau pun menambah kebugaran tubuh kita pada umumnya.

Yang dimaksud dengan pengertian vitamin adalah merupakan bagian dari sekelompok senyawa organik amina yang mempunyai bobot molekul kecil yang memiliki peran dan fungsi yang vital dalam metabolisme setiap organisme, yang hal ini tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita. Arti kata vitamin ini berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dua suku kata yaitu vita dan amina (amine). Vita dalam bahasa latin berarti 'hidup' sedangkan amina sendiri artinya adalah sesuatu hal yang lebih mengacu kepada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N).

Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan

Karena begitu besar manfaat vitamin bagi kesehatan tubuh kita maka selanjutnya kita akan belajar bersama mengenai sumber vitamin dan juga jenis-jenis vitamin itu sendiri. Secara garis besar jenis macam vitamin terbagi menjadi 6 yaitu Vitamin A. Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, dan juga Vitamin K.

Berlanjut kepada masing-masing vitamin.
Untuk yang pertama kali adalah Vitamin A yang dalam dunia medis seringkali disebut dengan retinol. Sumber vitamin A bisa kita dapatkan dari beragam jenis produk makanan seperti ikan, susu, sayuran yang berwarna hijau, dan jenis buah-buahan seperti wortel, pisang, pepaya. Manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata (penglihatan), mencegah terjadinya infeksi, turut membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan karena kekurangan zat ini yaitu rabun, menurunnya daya tahan tubuh, katarak, kulit menjadi kurang sehat.

Vitamin B.
Vitamin ini sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah, membentuk jaringan baru dan melancarkan metabolisme tubuh. Dan terbagi lagi menjadi apa yang disebut dengan vitamin B1, B2, B6, serta B12. Selain berperan dalam pembentukan eritrosit dan metabolisme tubuh vitamin b juga berguna dan mempunyai faedah dalam hal memperkuat tulang maupun gigi, meningkatkan imunitas tubuh, asupan vitamin B yang cukup dan baik akan bermanfaat bagi tubuh untuk mampu menangkal serangan virus penyakit.

Vitamin C. (asam arkorbat).
Manfaat dari vitamin C ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bahaya infeksi, mencegah penyakit sariawan, panas dalam, dan bibir pecah-pecah. Sumber vitamin C dapat kita temui dari pepaya, jambu biji, tomat, jeruk, kacang hijau, kacang merah, bayam. Kekurangan Vitamin C dapat mengakibatkan gusi berdarah, nafsu makan berkurang, dan lesu dan lemas. Berbagai jenis buah-buahan sehat untuk ibu hamil juga banyak kandungannya zat gizi ini.

Vitamin D. (kalsiferol, kholekalsiferol, dihidrotakhisterol).
Manfaat vitamin D diantaranya yaitu mencegah cacat pertumbuhan rangka badan, mengatur kadar garam kapur sel darah, mengatur kerangka pada bayi dan ibu hamil serta membentuk gigi. Sumber vitamin D bisa didapatkan dari ikan, telur, susu. Penyakit dan gangguan masalah kesehatan karena kekurangan vitamin yang bisa ditimbulkan dari kekurangan ini adalah pertumbuhan gigi akan terganggu, osteomalasia pada dewasa, Pada orang tua bisa menyebabkan osteoporosis, yaitu kerapuhan tulang akibatnya berkurangnya kepadatan tulang.

Vitamin E.
Kebanyakan kegunaan dari vitamin yang satu ini adalah banyak memberikan manfaat dalam hal kesehatan kulit. Berguna juga untuk pencegahan penyakit kulit, berguna untuk menutup luka dan mencegah / mengobati kemandulan / sulit hamil. Dan pada ibu hamil dapat berfungsi untuk mencegah keguguran. Sumber vitamin E bisa didapatkan dari hati, biji-bijian, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Bahan vitamin ini terdapat pada mentega atau minyak samin.

Vitamin K.
Salah satu fungsi vitamin K adalah untuk mempercepat proses pembekuan darah saat terjadi luka pada bagian tubuh kita dan bermanfaat juga dalam memperbaiki susunan pertumbuhan tulang. Sumber makanan bisa didapatkan pada bayam dan kol, produk susu, kuning telur, serta beraneka agam jenis sayuran segar. Kekurangan vitamin K ini bisa menyebabkan darah akibat luka akan sulit atau lama untuk membeku.

0 komentar:

Post a Comment