Kompilasi Pena

Pemberkasan CPNS Sampai Bulan Pebruari 2013

Pengumuman kelulusan tes cpns 2013 telah disampaikan oleh masing-masing kementrian dan juga pemerintah pusat serta juga pemerintah daerah yang telah mengadakan rekrutmen penerimaan cpns 2013-2014 dan dalam hal ini Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional Panselnas CPNS 2013 pemerintah provinsi dan pemerintahan kabupatan/kota agar segera mengumumkan Hasil Tes CPNS di instansinya, sehingga bisa segera dilakukan pemberkasan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Formasi cpns 2013-2014 kemarin menurut Eko Soetrisno selaku selaku Ketua Tim Panselnas CPNS 2013 mengatakan bahwa 65 ribu formasi CPNS 2013 yang terisi sebanyak 58.796, dan 6.204 diantarnya tidak terisi. Penyebab tidak lulusnya peserta cpns 2013 ini oleh karena secara umum tidak lulus dalam hal passing grade, ada juga yang tidak ada pelamarnya dalam formasi tertentu.

Pemberkasan CPNS 2013

Berikut penuturan Eko Soetrisno sebagai Ketua Tim Panselnas CPNS 2013 seperti yang dikuti dari website www.setkab.go.id terkait dengan hal ini. Pemberkasan untuk CPNS Tahun Anggaran 2013 akan dilakukan hingga akhir Februari 2013, kalau terjadi keterlambatan pemberkasan, maka yang dirugikan adalah masyarakat,” kata Kepala BKN selaku Ketua Tim Panselnas CPNS 2013 Eko Soetrisno dalam jumpa pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Selasa (7/1).

Menurut Eko, Panselnas CPNS terus melakukan komunikasi kepada pemda (pemprov dan pemkab/pemkot), agar segera mengumumkan hasil seleksi CPNS ini, sehingga benar-benar memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan negara.

Pengumuman Kelulusan CPNS Honorer K2 2013

Berkaitan dengan pengumuman hasil tkd cpns honorer KII tahun 2013 ini Kepala BKN Eko Sutrisno berharap, agar pengumuman hasil tes bagi tenaga honorer kategori II itu bisa dilaksanakan sesuai jadwal, yakni minggu keempat Januari 2014 ini.

Menurut Eko, seleksi CPNS untuk tenaga honorer K2 diikuti oleh 649.284 orang. Dengan rincian, tersebar di 37 kementerian/lembaga sebanyak 86.644 orang, dan dan 510 pemda dengan peserta sebanyak 562.640 orang. Dari jumlah itu, 77 persen diantarnya berpendidikan maksimal SLTA.

Adapun formasi yang diincar para pelamar tenaga honorer KII adalah tenaga teknis/administratif yakni 54 persen, sedangkan sebagai tenaga pendidik 42 persen, dan tenaga penyuluh atau kesehatan sebanyak 4 persen.

“Para peserta seleksi tenaga honorer KII itu umumnya pada bulan Januari 2005 berumur di bawah 35 tahun,” jelas Eko. Deputi SDM Aparatur Kemenetrian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengingatkan, bahwa dalam hal Pengumuman Hasil TKD CPNS Honorer K2 di tahun 2013 ini nantinya tidak semua peserta seleksi tenaga honorer KII akan diterima sebagai PNS.

Karena itu, ia mengingatkan adanya pekerjaan rumah (PR) bersama yang harus dipikirkan, khususnya antara pemda dan pemerintah pusat adalah penyelesaian tenaga honorer K-2 yang tidak lulus seleksi CPNS 2013.

“Mereka tidak serta merta bisa diakomodir menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) seperti diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN),” ungkap Setiawan.

Ia menyebutkan, PPPK merupakan pegawai yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi, melalui pengusulan, dan seleksinya seperti dalam rekrutmen CPNS. "Jadi harus melalui analisis jabatan, analisis beban kerja. Jadi keduanya merupakan hal yang berbeda,” ujar Setiawan.

Menurut Setiawan, dalam menyelesaian tenaga honorer K-2 tidak semata-mata menyangkut status, tetapi lebih penting adalah pendekatan kesejahteraan. Hal ini sejalan dengan sistem jaminan sosial nasional, yang menetapkan setiap badan publik yang mempekerjakan pegawai harus menjamin kesejahteraannya. “Ini merupakan PR bersama pemerintah pusat dan pemda."

1 komentar:

  1. selamat Pagi Sob. hm Tahun 2013 saya tidak lulus CPNS Sob, semoga Tahun ini ada Pendaftaran Lagi dan saya bisa Lulus. aamiin

    ReplyDelete