Kompilasi Pena

Tes CPNS Honorer K2 Tahun 2013

Jadwal tes CPNS Tenaga Honorer Kategori 2 bulan November 2013 nanti telah diumumkan oleh Kementrian PAN-RB Republik Indonesia dan jadwal pelaksanan adalah tanggal 3 November bersamaan dengan waktunya tes CPNS Jalur Umum tahun 2013-2014 juga. Hal ini berdasarkan pada Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013.

Azwar Abubakar selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) juga menyampaikan jadwal pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari tenaga Honorer Kategori II, atau yang gaji / penghasilannya tidak berasal dari APBN/APBD. Dan tentunya bagi Tenaga Honorer K2 untuk bersiap-siap mengikuti tes TKD dalam rangka pengangkatan menjadi calon pegawai negeri sipil di tahun 2013 ini.

Tes CPNS Honorer Kategori 2 tahun 2013

Tenaga honorer K1 adalah honorer yang gajinya didanai dari APBN dan APBD. Sedangkan kategori II adalah tenaga honorer K2 adalah honorer yang upahnya (gajinya) tidak bersumber dari APBN dan APBD. Masing-masing dari pembagian dan klasifikasi tenaga yang mengabdi dan honorer tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi dan diangkat sebagai CPNS pada tahun 2013 ini. Dengan mengikuti tes CPNS Honorer K2 yang dipersiapkan oleh Pemerintah.

Berikut adalah informasi pengumuman pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS di tahun 2013 berdasarkan pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar kembali menegaskan bahwa pihaknya akan berbuat seadil-adilnya dalam penanganan tenaga honorer kategori 1. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyelewengan dalam pengurusan tenaga honorer ini.

Hal itu ditegaskan ketika menerima DPRD Papua dan perwakilan tenaga honorer dari Papua di Kementerian PANRB, Selasa (08/10). “Jangan sampai tenaga honorer yang benar-benar berhak justeru tidak terangkat menjadi CPNS, tetapi yang tidak berhak malah sebaliknya,” ucapnya. Terkait dengan hasil audit dengan tujuan tertentu (ATT) yang dilakukan di Papua, Menteri tidak menutup ruang, kalau masih ada tenaga honorer yang bisa melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan.

Tetapi sambil menunggu, diingatkan agar para tenaga honorer kategori 1 (K1) yang meluncur ke kategori 2 (K2), supaya mempersiapkan diri dengan belajar guna menghadapi tes pada tanggal 3 November 2013 mendatang. “Pelajari wawasan kebangsaan, intelegensia umum, dan karakteristik pribadi,” imbuh Menteri.

Dalam kesempatan itu, dikatakan juga bahwa tahun ini pemerintah membuka formasi bagi 100 putera-puteri terbaik Papua untuk ditempatkan di seluruh kementerian/lembaga. “Mereka akan dites secara khusus di Papua,” ujar Azwar yang didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto.(ags/HUMAS MENPANRB).

Berikut adalah tahapan dan seleksi ujian penerimaan CPNS untuk Tenaga Honorer Kategori 2 yaitu :

keterangan gambar

0 komentar:

Post a Comment