Kompilasi Pena

Pendaftaran Online CPNS Umum 2013

Pendaftaran CPNS 2013 telah dimulai awal September ini. Pemerintah melalui laman website resmi pendaftaran online untuk CPNS 2013 ini yaitu di http://sscn.bkn.go.id. Sehingga hal ini bagi para palamar calon pegawai negeri yang akan melakukan proses pendaftaran online CPNS Tahun 2013 ini harus juga mengetahui bagaimana tata cara mendaftar online CPNS 2013 ini agar segala prosesnya bisa dilakukan dengan baik dan tidak terjadi kesalahan dalam melakukan dan memasukkan data-data yang diperlukan dalam proses penerimaan cpns ini.

Proses rekrutmen cpns melalui online ini berlaku bagi formasi CPNS 2013 baik itu di Instansi Pemerintah Pusat maupun di Pemerintaha Daerah yang juga membuka formasi lowongan calon pegawai negeri di tahun 2013 ini. Karena memang untuk Pendaftaran CPNS Online Formasi Umum 2013 bisa dilakukan di salah satu situs resmi pendaftaran CPNS 2013 yaitu SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional). Beberapa instansi pusat dan daerah telah bergabung dan difasilitasi oleh situs website SSCN tersebut.

Cara Pendaftaran Online CPNS Umum 2013

Berikut beberapa kementrian yang telah memulai untuk proses mendaftar online mulai dari tanggal 6-20 September 2013 yaitu diantaranya :
CPNS Kemenkes Depkes 2013.
CPNS Kemensos 2013.
CPNS Kemenkeu 2013.
CPNS Jawa Tengah 2013.
CPNS BKN 2013.


Ada beberapa cara pendaftaran online CPNS formasi umum 2013 yang perlu diketahui juga bagi masyarakat yang berminat menjadi calon pegawai negeri sipil tahun 2013 ini. Pada menu yang terdapat pada laman http://sscn.bkn.go.id ini yang perlu diperhatikan antara lain adalah :
  1. Klik laman sscn.bkn.go.id lalu klik link Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  2. Isi formulir registrasi yang muncul.
  3. Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
  4. Pastikan isian formasi dan pendidikan yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
Menu-menu yang terkait dengan proses pendaftaran CPNS 2013 yang terdapat dalam laman tersebut antara lain :
  1. Informasi Umum : Menu yang menyajikan informasi terkait pendaftaran CPNS 2013, seperti persyaratan pendaftaran, panduan pendaftaran online, pelaksanaan ujian dan materi ujian.
  2. Pengumuman : menu ini untuk melihat dan download berbagai pengumuman penerimaan CPNS di lingkungan Instansi Pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah/Instasi lain).
  3. Peraturan : Menu ini menyajikan berbagai peraturan mengenai seleksi CPNS tahun 2013.
  4. Jadwal Pelaksanaan : Menu ini terdapat jadwal pelaksanaan kegiatan rekrutmen CPNS 2013, mulai dari penetapan persetujuan rincian formasi instansi, pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS, pelaksanaan ujian TKD dan TKB termasuk ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) sampai jadwal pemberkasan dan penetapan NIP.
  5. Alur Pendaftaran : Menu yang menerangkan bagaimana prosedur seleksi CPNS nasional atau mekanisme pendaftaran CPNS tahun 2013 yang benar.
  6. Petunjuk Pendaftaran CPNS : Dalam menu ini berisikan mengenai petunjuk isian pendaftaran. Apa dan bagaimana cara mengisinya.
  7. Pendaftaran CPNS : Menu yang satu ini berisikan Form Pendaftaran CPNS yang harus diisi oleh pelamar dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk isian pendaftaran.
  8. Hasil Seleksi : Menu ini untuk melihat pengumuman hasil seleksi atau kelulusan CPNS dengan cara memasukan nomor registrasi yang dilakukan pada awal pendaftaran yang telah dilakukan.

Dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang profesional, berkualitas, dan bertanggung jawab, diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang kompeten melalui sistem pengadaan yang transparan dan akuntabel serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pemerintah akan melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.

Tahun 2013 ini, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS melalui 5 jalur, yakni jalur pelamar umum, honorer kategori 2, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas.

Untuk pelamar umum dan tenaga honorer kategori 2 (TH2), dilakukan seleksi melalui tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Pelaksanaan tes untuk pelamar umum menggunakan sistem kombinasi, LJK dan Computer Assisted Test (CAT).

0 komentar:

Post a Comment