Kompilasi Pena

Penyebab Susah Hamil Pada Wanita

Susah hamil banyak terjadi juga pada sebagian wanita baik itu di dunia maupun di Indonesia. Berbagai penyebab wanita sulit hamil dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan yang terdapat pada seorang wanita. Di negara kita tercinta ini mitos susah mendapatkan keturunan atau mitos susah hamil banyak beredar dan sebagian besar juga masih dipercayai oleh masyarakat kita juga.

Pada banyak sejumlah kasus yang mengalami kesusahan dalam memperoleh kehamilan dan anak, masalah kehamilan yang tak kunjung datang prosentase kesulitan hamil ini adalah 40% berasal dari wanita. Sedangkan pada dari pria, prosentasenya juga 40% sedangkan penyebab karena alasan lainnya adalah berkisar 5-10%. Dan sisanya disebabkan faktor sulit hamil yang tidak diketahui.

Tetapi dalam masyarakat kita kaum wanita lah yang biasanya menjadi 'korban' atas stigma mengapa wanita sulit hamil ini. Untuk itulah kita harus benar-benar mengerti akan penyebab susah hamil pada wanita sehingga dengan demikian kita bisa memberikan pengobatan dan terapi yang tepat secara medis untuik menangani kasus semacam ini juga.

Pada sebagian besar masalah kaum wanita yang berkaitan kesehatan kehamilan dengan maka masalah kesuburan adalah yang pertama tentunya adanya gangguan hormonal pada sistem hormon perempuan. Dan hal ini akan berakibat pada gangguan ketika sedang ovulasi.

Penyebab Susah Hamil

Sedangkan pada masalah sulit hamil pada pria ini berkaitan erat dengan kualitas sperma. Kualitas sperma yang rendah atau pun tidak bagus ini sering mengakibatkan kesulitan dalam memperoleh keturunan. Penyebab kualitas sperma rendah atau jelek adalah gangguan dalam proses pembuatan serta juga pembentukan spermatozoa itu sendiri, yang hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup seseorang tersebut.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab wanita sulit hamil yang bisa untuk kita identifikasikan yaitu :

1. Pola Hidup Tidak Sehat Serta Konsumsi Obat Tertentu.
Beberapa contoh pola hidup kurang sehat adalah konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, makanan tidak sehat, kegemukan (kelebihan berat badan). Untuk itulah diperlukan juga cara menurunkan berat badan yang tepat dalam hal ini. Obatan-obatan tertentu bisa menjadi penyebab infertilitas pada wanita. Tetapi dengan menghentikan konsumsi obat itu sepenuhnya, wanita masih mungkin untuk kembali menjadi subur seperti semula.

2. Rusaknya Saluran Telur (Tuba Falopi) Pada Perempuan.
Penyebab kemadulan pada wanita salah satunya adalah proses peradangan dan inflamasi pada tuba saluran telut ini, karena adanya penyumbatan atau jaringan parut. Pada proses ovulasi, sel telur yang sudah matang dilepaskan dari dalam rahim menuju saluran telur untuk dibuahi. Jika saluran ini rusak, maka sel telur juga akan bisa terpengaruh. Penyebab kerusakan saluran telur pada perempuan bisa disebabkan salah satunya karena infeksi penyakit menular seksual, terutama klamidia. Kasus-kasus lain yang bisa menjadi penyebab penyumbatan pada tuba adalah penyakit radang panggul, atau bekas operasi akibat kehamilan ektopik.

3. Endometriosis.
pengertian endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Keadaan seperti ini biasanya akan bisa mempengaruhi keadaan dari indung telur, sel telur, saluran telur, rahim dan bahkan fungsi sperma juga. Pada endometriosis yang ringan, konsepsi masih mungkin terjadi karena tidak semua wanita akan mengalami infertilitas. Pada kasus ini, pemeriksaan laparoskopi bisa digunakan untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan karena adanya endometriosis dan bermanfaat untuk membantu pembuahan antara sel perma dan sel telur.

4. Faktor Stress.
Keseimbangan dan ketenangan adalah salah satu kunci dan juga tips cara cepat hamil. Bila kita selalu dalam kondisi stressor yang tinggi maka hal ini akan mempengaruhi akan keinginan kita untuk memperoleh buah hati dalam keluarga kita. Apalagi memang tidak disalahkan juga bila telah sekian tahun menikah dan belum juga dikaruniai momongan maka keluarga, teman, saudara, tetangga akan banyak menanyakan akan hal ini dan tentunya akan membuat kita juga bertambah stress.


0 komentar:

Post a Comment