Kompilasi Pena

Penyebab Menstruasi Haid Tidak Teratur

Penyebab terlambat datang bulan menstruasi dan juga haid yang tidak teratur ada beberapa hal yang bisa menimbulkan hal semacam ini. Karena hal ini juga tidak sedikit dialami oleh kaum wanita perempuan.

Haid yang normal biasanya digambarkan memiliki selang waktu 25 sampai 31 hari dari haid awal sampai haid awal, dengan perdarahan yang berlangsung sekitar lima hari. Jumlah rata-rata kehilangan darah selama haid normal adalah kurang lebih sekitar 2-8 sendok makan.

Menstruasi adalah merupakan proses meleburnya ovum yang gagal dibuahi bersama dengan lapisan dinding uterus berlangsung secara periodik. Pada saat terjadi menstruasi, pada wanita sering kali dihasilkan darah yang disertai jaringan-jaringan kecil tetapi bukan darah.

Penyebab Menstruasi Haid Tidak Teratur

Yang menjadi faktor penyebab menstruasi terjadi tidak teratur antara lain adalah sebagai berikut :
  • Penurunan Berat Badan yang Drastis. Berat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi.
  • Stres. Alyssa Dweck, M.D Dokter spesialis kandungan mengatakan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.
  • Hormon Tidak Seimbang.Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), mengatakan bahwa penyebab utama menstruasi tidak teratur adalah hormon yang tidak stabil. Keseimbangan hormon merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon tersebut dapat menyebabkan siklus menstruasi wanita terganggu.
  • Pil Kontrasepsi. Siklus menstruasi juga bisa terganggu karena alat pengontrol kehamilan. Beberapa jenis pil kontrasepsi dosis rendah bisa menyebabkan haid tidak teratur.
Siklus menstruasi terjadi membutuhkan waktu sekitar 28 hari sampai satu bulan, itulah sebabnya siklus ini diberi nama mens yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya satu bulan.

Fase siklus menstruasi terdiri dari 3 fase yaitu fase proliferasi, fase sekresi, fase menstruasi yang mana ketiga dipengaruhi oleh hormon estrogen dan hormon progesteron.

Tanda-Tanda Mendekati Menstruasi


Ada beberapa tanda ciri wanita akan mendekati masa menstruasi diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Masalah Perut. Hal ini pada umumnya ditandai dengan adanya rasa kram pada perut.
  • Perubahan Emosi Mood Yang Dratis. Wanita perempuan yang mendekati masa haid seringkali mengalami perubahan emosi yang dratis seperti halnya sensitif (mudah marah, uring-uringan), dan terkesan mudah cengeng. Dan seringkali malam melakukan kegiatan aktifitas seperti hari-hari biasanya.
  • Timbul Keputihan. Jika melihat beberapa cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau yang muncul dari area kewanitaan, itulah yang dinamakan dengan keputihan. Pada awalnya berwarna putih, tetapi dalam beberapa waktu kemudian akan menjadi kecoklatan.

Tanda Gejala Menstruasi Tidak Teratur


Menstruasi yang tidak teratur sering menjadi salah satu tanda pertama seorang wanita mendekati menopause. Meskipun gejala yang tepat dari menstruasi yang tidak teratur bervariasi tergantung pada siklus unik wanita.

Kebanyakan wanita akan mengalami menstruasi yang tidak teratur selama tiga sampai sepuluh tahun sebelum haid berhenti total. Bahkan, hanya 10% wanita mencapai menopause tanpa menstruasi yang tidak teratur apapun.

Faktor yang dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, penyebab yang paling mungkin adalah tingkat fluktuasi hormonal yang dialami biasanya antara usia 45 dan 55. Siklus menstruasi seorang wanita tidak dapat dipisahkan dari hormonnya, karena hormon-nya, terutama estrogen dan progesteron, mendorong proses. Ketika produksi hormon mulai lancip, haid sering menjadi tidak teratur.

Saat mendekati menopause, hormon perempuan menjadi tidak seimbang, dan karena siklus menstruasi sepenuhnya tergantung pada hormon, menstruasi yang tidak teratur sering terjadi.

Haid yang tidak teratur adalah merupakan perubahan di dalam siklus menstruasi khas wanita yang bertahan selama beberapa bulan. Menstruasi yang tidak teratur adalah mereka yang ditandai dengan perdarahan abnormal dan / atau panjang siklus yang tidak biasa.

Tanda ciri gejala haid tidak teratur secara umum antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mentruasi Jarang / terlalu sering
  2. Haid Gagal.
  3. Nyeri kram pada bagian perut.
  4. Durasi perdarahan abnormal.
  5. Perubahan aliran darah.

0 komentar:

Post a Comment