Kompilasi Pena

Ciri Tanda Masa Pubertas

Ciri Tanda Puber Anak Perempuan Dan Laki-Laki tentunya harus disikapi dengan baik dan bijaksana oleh para orang tua ketika anak-anaknya telah menginjak usia umur pubertas ini.

Apalagi masa remaja merupakan masa yang cukup rawan bagi anak-anak karena masa-masa waktu waktu tersebut anak mudah menirukan perilaku dan kebiasaan yang buruk yang sebenarnya mereka tidak mengerti dan tidak menyadari akan hal tersebut.

Kematangan jasmani dan seksual dalam tahapan anak remaja mengakibatkan sang anak suka kepada kecenderungan tertentu dan juga perhatian akan perilaku khusus. Yang paling jelas kelihatan adalah bahwa ia akan mulai mempunyai perhatian dengan lawan jenisnya dan mulai mencari perhatiannya.

Dan juga cenderung untuk menjalin persahabatan serta berkelompok dengan orang lain, sebagaimana perilaku di masa pubertas yang cenderung "mencuri perhatian orang lain", santai, kurang suka bekerja sama, mendapatkan penerimaan orang lain, mudah terpancing emosinya, suka bermalas-malasan, dan cuek sebagai akibat perubahan jasmaninya yang begitu cepat.

Ciri Tanda Masa Puber
Ciri Tanda Masa Puber

Kebutuhan Sosial berteman dan bersahabat di masa-masa antara lain diekspresikan anak dengan keinginan untuk
  1. Dihargai, sebab pada masa ini ia demikian perasa karena perubahan fisiknya yang cepat.
  2. Butuh akan pengarah, sebab keinginan dan kebutuhannya terhalang dengan pengaturan dan sistem kemasyarakatan.
  3. Butuh akan tempat berkeluh-kesah, sebab ia mulai untuk mandiri pada saat yang sama ia tidak menyandarkan diri pada orang tua dan keluarga.
  4. Kemandirian dalam emosi dan materi serta mengambil keputusan.
  5. Butuh akan penerimaan masyarakat dari sekolah, rumah, dan kawan.
  6. Butuh akan dukungan masyarakat.
  7. Oleh karena itu, kedua orang tua diharapkan mau memahami kebutuhan anak gadisnya atau anak laki-lakinya yang memasuki masa puber ini sehingga mereka bisa berkembang secara sehat, terbebas dari masalah kejiwaan dan sosial.

0 komentar:

Post a Comment