Kompilasi Pena

Deteksi Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar adalah sebuah kehamilan dengan jumlah janin yang berada dalam kandungan seorang ibu adalah lebih dari satu janin.Jadi bisa berupa dua janin, tiga janin ataupun bahkan empat janin dalam satu kandungan.Seorang ibu yang memiliki riwayat mempunyai keturunan kembar (Bibi,Ibu atau nenek) biasanya akan juga melahirkan bayi yang kembar akan tetapi tidak selalu begitu.Kehamilan kembar ini bisa terjadi pada seorang ibu yang menggunakan obat kesuburan yang diinduksi untuk merangsang ovulasi, ibu yang memiliki riwayat persalinan sering.

cara deteksi kehamilan kembar,kehamilan kembar,Kompilasi Pena

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk deteksi kehamilan kembar :
  1. Yang paling mudah tentunya dengan menggunakan alat yang disebut dengan USG karena alat ini bisa memastikan lebih dari 90%.
  2. Kehamilan kembar ini juga tampak pada perut ibu yang bisanya akan terlihat lebih besar daripada kebanyakan ibu-ibu yang sedang hamil.Ukuran yang melebihi normal ini biasanya akan terlihat manakala usia kehamilan ibu telah memasuki trimester yang kedua.Hal yang mudah, bandingkan saja dengan ibu hamil yang biasa dengan ibu yang diduga memiliki kehamilan kembar.Jika lebih besar maka kemungkinan bisa merupakan kehamilan kembar.
  3. Meraba perut ibu dengan kelembutan, lalu dari hal tersebut carilah secara perlahan bagian besar yang agak menonjol.Hal ini dimaksudkan bahwa pada kehamilan yang normal akan bisa teraba dua bagian besar itu yang menunjukkan akan bagian kepala serta bokong dari sang janin.Maka bila benar terjadi kehamilan kembar maka akan teraba 3 bahkan lebih bagian besar tersebut.Bisa berupa satu bokong dengan dua kepala, dua bokong satu kepala dan begitu seterusnya.Minimal dalam rabaan ini ditemui 3 bagian besar tersebut.
  4. Hal lainnya adalah bila usia janin telah memasuki 4 bulan, tentunya akan terasa pergerakan dari sang janin tersebut.Jadi bila pada usia tersebut normal pergerakan janin bedasarkan penelitian kurang lebih 10 kali dalam rentang waktu 12 jam atau 20 kali dalam rentang waktu satu hari.Maka dapat diambil kesimpulan bila melebihi jumlah tersebut hingga dua kali lipatnya, hal ini bisa menunjukkan bahwa hal tersebut ada janin yang kembar.
Demikan tadi sobat-sobat pena semuanya mengenai beberapa cara deteksi kehamilan kembar dan semoga bermanfaat yah

0 komentar:

Post a Comment