Kompilasi Pena

Jenis-Jenis Kecerdasan

Jenis-Jenis Kecerdasan Anak.Setiap orang tua tentunya menginginkan agar anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang menjadi sesosok pribadi yang mempunyai beragam kecerdasan yang dibanggakan.Tidak hanya sukses dalam bidang akademis saja, akan tetapi juga menguasai berbagai jenis kecerdasan.Namun orang tua juga perlu untuk menyadari bahwa setiap diri anak akan membawa potensi kecerdasannya sendiri, sehingga hal ini akan berefek beberapa kecerdasan lebih menonjol daripada kecerdasan yang lainnya.Dan langsung saja check it dot...jenis kecerdasan anak.

jenis kecerdasan,kecerdasan anak,Kompilasi Pena

Berikut jenis-jenis kecerdasan anak yang dikemukakan Dr.Howard Gardner, seorang profesor pendidikan di Harvard University :
  1. Kecerdasan Logis Matematis.Kecerdasan ini bekaitan dengan kemampuan mengolah hal-hal yang bersifat matematis dan juga hal ilmiah.Seseorang yang menonjol dalam bidang ini, biasanya akan pintar dan cepat dalam berhitung, lihai mengoperasikan komputer,suka dengan permainan teka-teki.
  2. Kecerdasan Bahasa.Mereka yang cerdas dalam hal bahasa mampu menggunakan kata-kata dengan bagus dan juga baik dalam hal berbicara atau pun melalui tulisan.Kemampuan berbicaranya akan akan lebih cepat daripada anak-anak yang seusia dengannya.
  3. Kecerdasan Musikal.Kecerdasan yang satu ini terkait dengan kemampuan bermain alat musik ataupun bertanya.Anak juga akan menunjukkan minat yang besar dan mudah menguasai alat musik .
  4. Kecerdasan Kinestetik.Kecerdasan jenis ini ditunjukkan dengan anak-anak yang cerdas jasmani dan mempunyai kemampuan menggerakkan anggota badan dari kepala sampai dengan kaki dengan baik.Kemampuan fisiknya akan berkembang lebih cepat dari anak-anak seusianya.
  5. Kecerdasan Naturalis.Dalam hal ini, anak akan lebih mampu mengenal, mencintai, dan juga memelihara aneka bentuk, ragam yang ada di alam sekitar.Terlihat setelah anak berusia 5 tahun ke atas karena anak akan lebih mampu mengeksplorasi lingkungan yang lebih luas.
  6. Kecerdasan Visual Spasial.Kecerdasan ini berhubungan dengan visual dan juga ruangan.Anak biasanya akan mempunyai ketertarikan dan kemampuan yang lebih dalam berbagi macam permainan yang berupa pazel, membaca peta, membuat diagram dan lainnya.
  7. Kecerdasan Interpersonal.Kecerdasan jenis ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan serta relasi dengan orang lain.Pada umumnya anak yang mempunyai kecerdasan jenis ini akan senang dalam hal permainan yang melibatkan banyak interaksi dengan orang lain, serta memahami perasaan dan pikiran orang lain (berempati).
  8. Kecerdasan Intrapersonal.Kecerdasan jenis ini berkaitan dengan pemahaman diri sendiri.Biasanya akan nampak dengan menunjukkan ketertarikan serta kemampuan dalam memahami diri sendiri, menghayati dan menghargai perasaan, ketakutan, harapan.
Dengan kita mengenali akan jenis-jenis kecerdasan pada anak ini maka kita sebagai orang tua hanya perlu untuk menstimulasi berbagi kecerdasan tersebut sehingga berkembang dengan baik

0 komentar:

Post a Comment