Kompilasi Pena

Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS Online 2014 Panselnas

Jadwal pendaftaran online cpns kementrian dan daerah tahun 2014 melalui website situs portal panselnas.menpan.go.id mengalami perubahan dari jadwal sebelumnya. Pada waktu pertama kali diumumkan pada publik, website panselnas dan sscn.bkn.go.id pendaftaran registrasi dimulai tanggal 20 agustus 2014 sampai dengan 7 September 2014.

Karena sesuatu hal dan juga karena banyaknya pengunjung calon pelamar cpns online di portal panselnas, maka secara resmi diumumkan pendaftaran diundur dan dimulai dari tanggal 24 Agustus - 3 September 2014.

Tetapi ini tentunya akan berpengaruh juga pada beberapa instansi kementrian dan pemerintah daerah provinsi kabupaten kota dalam mengumumkan jadwal registrasi online dan tes TKD cpns 2014 ini.

Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS Online 2014 Panselnas
 Pendaftaran CPNS Online 2014 Panselnas

Perubahan jadwal pendaftaran cpns online 2014 website panselnas.menpan.go.id ini situs resmi panselnas.menpan.go.id sering mengalami down dan eror yang dikarenakan oleh membludaknya pengunjung yang mengakses situs tersebut.

Jadwal pendaftaran CPNS 2014 mengalami revisi dimana dari jadwal terbaru ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menuangkan dalam surat edaran B/3223/M.PAN.RB/09/2014,

Dalam surat edaran tersebut, batas waktu pendaftaran seleksi CPNS 2014 adalah selama 14 hari 2minggu terhitung sejak tanggal pengumuman pendaftaran di portal nasional dibuka.

Perwakilan panitia seleksi nasional (Panselnas) sekaligus Tim Audit IT BPPT, Zaenul Anwar Effendi menjelaskan, kebijakan ini diambil karena pembukaan pendaftaran setiap instansi tidak dilakukan secara serentak.

Berikut beberapa kementrian yang mengalami perubahan dan mundur dalam hal jadwal pendaftaran dan tes cpns 2014
  • Pendaftaran cpns kemendikbud 2014 berdasarkan jadwal dan pengumumannya adalah dimulai 4 september - 18 September 2014.
  • Pendaftaran cpns kemenkes 2014 berdasarkan jadwal dan pengumumannya adalah dimulai tanggal 3 - 17 September 2014.
  • Pendaftaran cpns BNN 2014 berdasarkan jadwal dan pengumumannya adalah dimulai tanggal 28 Agustus - 7 September 2014.
  • Pendaftaran cpns kemenkumham 2014 berdasarkan jadwal dan pengumumannya adalah dimulai dari tanggal 13 September - 27 September 2014.
Tentunya hal ini akan berpengaruh juga terhadap jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi, jadwal pengumuman hasil Tes TKD TKB CPNS 2014, serta juga pada jadwal pengumuman kelulusan tes cpns 2014 secara keseluruhannya juga.

Jadi dengan keluarnya jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2014 terbaru ini, setiap instansi harus mengakomodir seluruh pelamar yang telah mendaftarkan identitasnya. Diakui Zaenul, hal ini memang akan cukup merepotkan para pengurus seleksi CPNS 2014 di tiap instansi.

“Ya kalau waktu pendaftarannya panjang, ini memang agak merepotkan karena seluruh pelamar wajib diproses untuk kemudian diikutkan ke dalam seleksi administrasi. Semakin banyak pelamar, semakin banyak juga peralatan dan infrastruktur yang harus disiapkan masing-masing instansi,” ucapnya di salah satu media besar Indonesia.

Sejauh ini, Zaenul mengungkapkan telah ada 99 instansi termasuk pemerintah daerah yang sudah membuka akses pendaftarannya. Sementara jumlah pendaftar seleksi CPNS 2014 telah menembus jumlah 500 ribu pelamar.

Meskipun sudah dibuka beberapa minggu yang lalu, ternyata masih bayak juga calon peserta yang bingung untuk melakukan pendaftaran cpns online di portal panselnas.menpan.go.id. dimana alur pendaftaranya adalah sebagai berikut:

Pendaftaran CPNS 2014 ini menggunakan sistem baru dimana untuk pendaftaran calon peserta baik untuk instansi pusat maupun daerah diwajibkan registrasi secara online di portal panselnas yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id.

Setelah berhasil mendaftar para peserta akan mendapatkan email balasan dari panselnas, langkah selanjutnya peserta wajib melakukan login ke situs sscn.bkn.go.id untuk melengkapi data serta untuk melakukan print mencetak tanda peserta seleksi ujian tes TKD CAT CPNS 2014.

Banyak kendala yang biasa dihadapai oleh para peserta, misalnya tidak menerima email balasan dari panselnas solusinya silakan mencari email konfirmasi tersebut dalam kotak spam di akun anda.

Selain itu ada lagi kasus peserta tidak bisa login di situs sscn.bkn.go.id, dan untuk solusinya peserta diwajibkan menunggu selama 24 jam terlebih dahulu sebelum login ke sscn.bkn.go.id seperti yang dipaparkan panselnas beberapa saat yang lalu.

0 komentar:

Post a Comment