Kompilasi Pena

Harga Elpiji 12 kg Naik Tahun 2014 - 2015

Informasi pemberitaan rencana kenaikan gas elpiji 12 kg setelah pilpres 2014 memang santer di pemberitaan. Baik di dalam pemberitaan televisi koran maupun media online. Karena memang gas dalam hal ini adalah merupakan salah satu bahan pokok kebutuhan manusia yang masih disubsidi oleh pemerintah kita.

Kenaikan harga elpiji 12 Kg ini masih dikaji oleh pemerintah di bawah koordinasi kementerian koordinator perekonomian. Namun, pemerintah memberi sinyal Pertamina dipersilakan menaikkan harga secara bertahap.

"Sedang dihitung, kemungkinan naik bertahap, kita selalu bikin bertahap biar jangan terlalu kaget, sedang dihitung," ujar Menteri ESDM, Jero Wacik di Gedung DPR, Jakarta, Senin tanggal 1 September 2014 seperti dilansir dari media merdeka.com.

Pertamina Menaikkan Harga Elpiji 12 Kg


Berikut informasi mengenai pemerintah resmi mendukung kenaikan gas elpiji 12 kg seperti informasi pemberitaan yang dimuat media JPNN.CPM senin 8 September 2014 ini yang dikemukakan oleh Menko Perekonomian Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Chairul Tanjung (CT) meminta penjelasan direksi PT Pertamina mengenai rencana kenaikan harga elpiji 12 kg. Penjelasan itu dirasa penting mengingat kenaikan harga elpiji 12 kg sempat menuai protes dari masyarakat.

"Kita telah meminta Pertamina menjelaskan mengapa menginginkan kenaikan harga elpiji 12 kg," ucap CT usai menggelar Rakor di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (8/9).

Harga Elpiji 12 kg Naik 2014 - 2015
Kenaikan Harga Elpiji 12 KG

Dijelaskan, harga keekonomian elpiji sudah jauh di atas harga jual. Saat ini, harga elpiji perkilo mencapai Rp 6.100. Sementara harga keekonomian sudah mencapai Rp 12.100.

"Jadi ada selisih harga Rp 6.000. Tentu ini akan memberatkan keuangan Pertamina. Oleh karenanya Pertamina usulkan kenaikan tersebut," serunya.

Tentunya hal ini bila benar-benar diberlakukan akan banyak dampak akibat kenaikan harga elpiji 3 kg dan 12 kg bagi rakyat kecil dan masyarakat luas. Baca lebih lanjut di : Penyebab Pertamina Naikkan Harga Elpiji 12 Kg Dan Pengaruhnya Bagi Masyarakat.

Belum lagi kenaikan harga tarif dasar listrik 2014 juga naik secara bertahap di tahun 2014 ini mulai dari bulan juli 2014 ini. Baca lebih lanjut lagi di informasi berikut ini : Kenaikan Tarif Dasar Listrik TDL 2014-2014 ini pula.

Karena alasan itulah, pemerintah, kata CT, telah menyetujui rencana kenaikan elpiji 12 kg. Mengenai waktu serta berapa kenaikan harga elpiji 12 kg, ia menyerahkan sepenuhnya pada Pertamina. Nantinya, kata CT, Pertamina akan melakukan penghitungan agar kenaikan harga elpiji 12 kg tidak terlalu memberatkan masyarakat.

"Kami menyatakan pemerintah mendukung usulan Pertamina. Besaran dan waktunya kami serahkan ke Pertamina. Pertamina akan hitung berapa besaran yang dianggap pas dan tidak memberatkan masyarakat dan tidak merugikan Pertamina," papar dia.

Lalu kapan Pertamina akan mengumumkan kenaikan harga elpiji 12 kg? "Dalam waktu dekat Pertamina akan umumkanm hal tersebut," jawab bos Trans Corp ini.

Pernyataan Chairul Tanjung tersebut sekaligus membantah bahwa Karen mundur lantaran tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk menaikkan harga elpiji 12 kg. Sebab bila tahun ini Pertamina tidak menaikkan harga elpiji 12 kg, maka BUMN yang bergerak di bidang migas itu terancam merugi Rp 6,1 triliun.

Lebih lanjut CT katakan terkait kenaikan harga elpiji, pihak Pertamina telah mengirim surat kepada dirinya. Surat tersebut bahkan sudah dibicarakan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa hari lalu.

"Pertamina sudah sampaikan pada saya untuk melakukan keinginannya untuk naikkan harga elpiji. Surat ini sudah saya sampaikan dan konsultasikan ke presiden di Cipanas pada 8 Agustus lalu. Pemerintah menyetujui kenaikan tersebut," bebernya.

0 komentar:

Post a Comment