Kompilasi Pena

Dosa Maksiat Penghalang Rezeki

Penyebab alasan rejeki menjadi terhalang terhambat adalah oleh karena dosa dan maksiat yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

Ada banyak penyebab atau kondisi yang menyebabkan Allah SWT 'menahan' rezeki orang bersangkutan. Diantaranya karena dosa dan maksiat yang dilakukan seseorang hamba baik terhadap dirinya sendiri, terhadap orang lain terlebih terhadap Allah SWT.

Dosa Maksiat Penghalang Rezeki

Bagi kita yang merasa selama ini rejeki yang anda dapatkan selalu tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari hari atau ketika sedang di lilit hutang bahkan kita merasa rejeki yang di peroleh tidak berkah yang di tandai berapapun penghasilan maka akan selalu ada pengeluaran lebih besar dari penghasilan tersebut.

Kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menggapai rezeki dengan berbagai potensi yang kita miliki. Kemampuan fisik kita mungkin tidak ada yang meragukan dan meremehkan. Pemikiran kita sudah mendapatkan bekal yang sangat cukup. Tak lupa juga kita senantiasa berdoa. Tapi mengapa kok rezeki susah banget kita dapatkan.

Berlimpah rezeki harta kekayaan sudah kita kumpulkan, pengeluaran selalu lebih besar dari pada pemasukkan. Tanpa diduga, usaha yang dibangun puluhan tahun yang melimpah ruah dalam sekejap bisa lenyap.

Ada musibah alam yang tidak kita kehendaki. Ada juga krisis yang melanda dunia yang berimbas juga terhadap usaha kita yang kita bangun dan rintis dari awal. Ini adalah bagian juga dari Akibat Dampak Pengaruh Maksiat.

Dosa Yang Menghalangi Rezeki


Kepastian setiap makhluk hidup manusia mendapatkan rejeki dari Allah SWT adalah tercantum dalam Al-Quran Surat Hudd ayat ke 11 yang artinya :
"Dan tak ada satupun makhluk melata di bumi kecuali Allah-lah yang memberikan rezekinya"

Namun ada kalanya seorang muslim seret rezekinya. Misalnya bertahun-tahun tidak mendapat penghasilan padahal telah berusaha. Mencari pekerjaan tidak dapat-dapat. Buka usaha selalu rugi.

Bisa jadi itu ujian, namun jika pernah melakukan salah satu dari 10 dosa ini, menurut Ustadz Yusuf Mansur itu adalah hukuman yang harus bertaubat dulu kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Berikut ini jenis macam dosa maksiat yang akan menghalangi datangnya rejeki seperti yang dikatakan Ustadz Yusuf Mansur antara lain adalah sebagai berikut :

Syirik (Menyekutukan Allah)

Syirik adalah dosa besar penghalang rezeki, syirik adalah dosa yang tidak diampuni. Apabila ada orang yang meninggal dalam keadaan masih syirik maka ia akan berada dalam neraka selamanya.

Meninggalkan Sholat

Sholat adalah wajib, meninggalkan sholat adalah dosa besar. Ada baiknya anda selalu menjaga sholat anda, sebisa mungkin ditunaikan. Sebaiknya ketika panggilan Allah (azan) berkumandang segeralah penuhi panggilannya, jangan ditunda. Nggak mau juga kan rezekinya ditunda oleh Allah.

Dan hal ini juga yang termasuk dalam melalaikan kewajiban sebagai seorang muslim. "Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi" (QS. Al Munafikun: 9)

Durhaka Kepada Orang Tua

Surga ditelapak kaki ibu, durhaka kepada kedua orang tua sama saja menjauhkan diri dari surga. Sekaligus menjauhkan dari rezeki yang halal. Karena memang Dosa Durhaka Kepada Ibu Orang Tua adalah sangat besar.

Zina

Bagaimanapun jangan pernah melakukan zina. Hukuman orang yang berzina sangatlah berat dan juga termasuk dari dosa besar. Dan juga Dampak Akibat Bahaya Dosa Seks Bebas Zina itu tidak lah sedikit jumlahnya.

Rizki Haram

Perolehlah rizki dengan cara yang halal, dengan usaha yang halal. Rezeki yang diperoleh secara haram bisa memutus rezeki halal karena rezeki haram adalah termasuk dosa besar penghalang rezeki halal.

Mungkin uang harta yang kita dapat, namun berkah dari uang tersebut telah hilang. Apa ciri rezeki yang tidak berkah? Mudah menguap untuk hal sia-sia dan tidak membawa ketenangan, sulit dipakai untuk taat kepada Allah serta membawa penyakit. Bila kita telanjur melakukannya, segera bertobat dan kembalikan harta tersebut kepada yang berhak menerimanya

Minum Khamr

Minuman keras atau khamr merupakan minuman yang memabukkan. Terdapat banyak hal yang mudharat pada khamr ini. Jauhilah khamr karena Allah.

Memutus Silaturahim

Memutus silaturahim merupakan hal yang menghalangi rezeki, sebaliknya menyambung silaturahim adalah hal yang mendatangkan rezeki.

Menuduh dan Bersaksi Palsu

Hati hati dengan ucapan anda, mulutmu harimaumu. Terkadang mulut susah untuk dikendalikan, tapi cobalah berkata yang baik atau diam.

Kikir dan Pelit

Kikir merupakan dosa penghalang rezeki, jauhilah kikir. Sebaliknya dermawan, suka menolong merupakan sikap yang mendatangkan rezeki.

Siapa pun yang pelit, niscaya hidupnya akan sempit, rezekinya mampet. Sebaliknya, sedekah adalah penolak bala, penyubur kebaikan, serta pelipat ganda rezeki. Dan hal ini adalah termasuk di dalam Hikmah Keutamaan Manfaat Sedekah itu sendiri.

Sedekah bagaikan sebutir benih menumbuhkan tujuh butir, yang pada tiap-tiap butir itu terurai seratus biji. Artinya, Allah yang Mahakaya akan membalasnya hingga tujuh ratus kali lipat. (QS al- Baqarah [2]: 261).

"Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. Ali Imran: 180).

Ghibah

0 komentar:

Post a Comment