Kompilasi Pena

Manfaat Membacakan Cerita

Manfaat Membacakan Cerita

Bismillah...Postingan kali ini adalah merupakan sambungan atau pun kelanjutan dari postingan pena yang telah lalu yaitu mendongeng sobat...yah belajar tuk berbagi kepada sobat semuanya.Selamat menyimak sobat dan langsung saja cek it dot...

Mendongeng atau membacakan cerita adalah seni tertua warisan leluhur yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai salah satu sarana positif guna mendukung berbagai kepentingan sosial secara luas. Jauh sebelum munculnya peninggalan tertulis maupun buku, manusia berkomunikasi dan merekam peristiwa-peristiwa kehidupan mereka secara bertutur turun temurun. Tradisi lisan dahulu sempat menjadi primadona dan andalan para orang tua, terutama ibu dan nenek dalam mengantar tidur anak atau cucu mereka.

Membacakan cerita merupakan kegiatan mengasyikan namun langka dilakukan dewasa ini. Perkembangan maupun perubahan sosial masyarakat yang sangat pesat agaknya berpengaruh terhadap minimnya aktifitas mendongeng, baik di rumah, sekolah, tempat ibadah, taman bermain, bahkan perpustakaan sekalipun. Padahal, manfaat membacakan cerita lumayan banyak sobat.Diantaranya akan disebutkan di bawah ini


Manfaat Membacakan Cerita diantaranya adalah :

1. Ada nilai-nilai yang disampaikan kepada bayi.
Melalui cerita, nilai-nilai positif dapat tersampaikan.bayi akan merekam pesan moral dari sebuah cerita dan kelak bisa menjadi filternya saat berperilaku.Contohnya : cerita buaya dan kancil; si cerdik kancil berhasil mengelabui buaya yang semula akan memangsanya.Pesan yang ditekankan dalam cerita itu adalah meski sudah terjepit dalam posisi yang berbahaya, kancil tetap memiliki banyak akal.

2. Mengembangkan keterampilan bahasa.
Saat dibacakan cerita, secara tak langsung bayi mempelajari perbendaharaan kata dan intonasi suara.Meski awalnya belum bisa mengikuti cerita atau dialog, secara bertahap bayi akan belajar mengembangkan imajinasinya menghubungkan antara ganbar, peristiwa, tindakan, dan objek dengan kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikannya.bayi juga akan belajar tentang suatu objek warna, angka, dan bentuk suatu benda.

3. Menumbuhkan kelekatan dengan ayah ibu.
Ketika membacakannya cerita, biasanya kita lakukan sambil memangku dan memeluk bayi.Posisi bercerita seperti ini dapat menjalin kelekatan antara orang tua dan anak.Kelekatan ini menimbulkan rasa aman dan nyaman pada bayi dan kelak akan menjadi modal untuknya tumbuh menjadi anak yang percaya diri.

4. Mengembangkan keterampilan motoriknya.
Desain buku-buku khusus bayi yang umumnya dibuat se-imut mungkin ---dilengkapi gambar-gambar dengan warna menyala bahkan ada yang disertai bunyi-bunyian--- akan mendorong keingintahuan bayi untuk meraih lalu menggenggam buku tersebut.Ini secara tak langsung akan membuat buku menjadi stimulus motorik halusnya.Agar lebih aman pilih buku-buku khusus untuk bayi karena umumnya buku tersebut lebih tebal dan tidak memliki ujung runcing yang dapat melukai bayi.

5. Memberikan pengetahuan baru.
Berbagai gambar dan jalinan cerita dalam buku memberi informasi baru bagi bayi.Meski belum pernah melihat secara langsung, ia menjadi tahu seperti apa itu bentuk buah mangga, ia menjadi tahu seperti apa itu phon beringin dan tahu bagaimana “gondrongnya” rambut si raja hutan, singa.

6. Memaksimalkan kecerdasan bayi.
Untuk menerima, menangkap, memahami dan menyimpan informasi-informasi dari cerita yang disampaikan dalam memori ,otak anak harus bekerja lebih aktif.Stimulasi ini akan membuat simpul-simpul saraf otak kian banyak tersambung sehingga kecerdasan bayi berkembang dengan baik.

7. Menanamkan cinta buku.
Membacakan cerita berarti telah mengenalkan sebuah benda bernama buku kepada sang buah hati.Pengenalan ini tak mustahil akan memunculkan kecintaannya terhadap buku dan selanjutnya menumbuhkan keinginannya untuk bisa membaca dan menulis.

Sampai di sini dulu sobat postingan pena tentang Manfaat Membacakan Cerita dan semoga bermanfaat sobat...

0 komentar:

Post a Comment