Kompilasi Pena

Penyebab Masalah Makan Anak

Penyebab Masalah Makan Anak.Masih melanjutkan postingan pena yang terakhir yaitu Konstipasi Anak maka di hari nan cerah ini pena akan kembali memposting mengenai Penyebab Masalah Makan Anak.Selamat menyimak sobat dan langsung saja check it dot...

Pada umumnya masalah makan anak semacam ini sering kali mulai ditemui pada usia anak dibawah lima tahun. Banyak hal yang menyebabkan anak susah makan. Karena bagi anak, saat makan itu bukan hanya pemenuhan gizi tetapi juga saat penuh tantangan, rasa ingin tahu, berlatih, belajar, dan sebagainya. Apalagi jika masih dalam tahap pengenalan makanan baru.


Nah di bawah ini adalah beberapa Penyebab Masalah Makan Anak diantaranya yaitu :

1. Bosan dengan menu makanan atau pun penyajian makanan
Penyajian makanan yang kurang menarik dan tidak bervariasi membuat anak bosan.apalagi bila ibu tidak menyadari bahwa batita semestinya sudah dikenalkan dengan makanan keluarga yang beragam, bukan makanan seperti masa bayi yang dicampur menjadi satu dan masih berupa bubur.Penyajian dengan cara diberi hiasan atau dibentuk semenarik mungkin juga mampu membangkitkan selera makan anak.

2. Makan Camilan padat kalori menjelang jam makan
Contoh, permen, minuman ringan cokelat snack ber-MSG, dan sebagainya.Akibatnya, ketika jam makan tiba, anak sudah kekenyangan sehingga tak mau makan.

3. Minum Susu terlalu banyak
Banyak keluarga menganggap susu sebagai makanan istimewa yang bisa menggantikan makanan utama seperti nasi, sayur, dan lauk pauknya.Orangtua yang berpandangan seperti ini, umumnya tidak sabar dalam menghadapi proses makan anak batita yang cenderung lama.
Sebagai gantinya, anak diberikan susu yang tentunya memiliki proses lebih cepat karena hanya diminum.Padahal setelah anak berusia satu tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari tidaklah wajib.Susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja, sementara kalsium dan fosfor dapat ditemukan dengan mudah pada jenis ikan-ikanan, sayuran, dan buah-buahan

4. Pengaruh kebiasaan orangtua
Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang malas makan karena diet, akan mengembangkan perilaku malas makan juga kepada anaknya.Perilaku makan yang kurang tepat lainnya yaitukebiasaan orang tua membelikan jajanan tinggi kalori (permen, minuman ringan, cokelat) untuk menenangkan anak yang rewel.Akibatnya, anak kekenyangan dan malas makan.


Sampai di sini dulu sobat postingan pena tentang Penyebab Masalah Makan Anak dan semoga bermanfaat sobat...

0 komentar:

Post a Comment