Kompilasi Pena

Penyakit Malaria

Penyakit Malaria - Banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan salah satunya adalah penyakit malaria ini. Pengertian penyakit malaria adalah jenis penyakit yang menular dan disebabkan oleh parasit ( plasmodium ) yang ditularkan oleh nyamuk malaria ( Anopheles ). Secara epidemiologi penyakit malaria dapat menyerang semua orang baik itu laki-laki maupun perempuan, dan juga pada semua golongan umur, dari bayi sampai orang dewasa.

Plasmodium malaria juga ada beberapa jenis. Jenis daripada palsmodium malaria tersebut adalah :
  1. Plasmodium Vivax.
  2. Plasmodium Ovale.
  3. Plasmodium Falsifarum.
  4. Plasmodium Malariae.

penyakit malaria, Kompilasi Pena

Tanda gejala dari penyakit malaria ada ada yang termasuk dalam gejela ringan dan juga ada gejala yang berat.
Berikut tanda gejala ringan malaria adalah :
  1. Demam menggigil secara berkala dan biasanya disertai sakit kepala.
  2. Pucat karena kurang darah.
  3. Kadang-kadang di mulai dengan badan terasa lemah, mual / muntah tidak nafsu makan.
  4. Gejala spesifik daerah, seperti diare pada anak.
Berikut tanda gejala berat malaria adalah :
  1. Kejang-kejang.
  2. Kehilangan kesadaran.
  3. Kuning pada mata.
  4. Panas tinggi.
  5. Kencing berwarna teh tua.
  6. Nafas cepat.
  7. Muntah terus.
  8. Pingsan sampai koma.
Penularan Malaria.
Penyakit malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk malaria ( anopheles ). Bila nyamuk anopheles ini mengigit orang yang sakit malaria, maka parasit akan ikut terhisap bersama darah penderita. Dalam tubuh nyamuk, parasit tersebut berkembang biak. Sesudah 7-14 hari apabila nyamuk tersebut mengigit orang sehat, maka parasit tersebut akan di tularkan ke orang tersebut. Di dalam tubuh manusia parasit akan berkembang biak, menyerang sel-sel darah merah. Dalam waktu kurang lebih 12 hari, orang tersebut akan terserang penyakit malaria.

Pencegahan Malaria.
Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit malaria yaitu dengan cara :
  1. Menghindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu, menggunakan obat nyamuk, memakai obat oles anti nyamuk, pasang kawat kasa pada ventilasi, menjauhkan kandang ternak dari rumah, kurangi berada di luar rumah pada malam hari.
  2. Pengobatan pencegahan, 2 hari sebelum berangkat ke daerah malaria, minum obat doksisilin 1 x 1 kapsul / hari sampai 2 minggu setelah keluar dari lokasi endemis malaria.
  3. Membersihkan lingkungan, Menimbun genangan air, membersihkan lumut, gotong royong membersihkan lingkungan sekitar, mencegahnya dengan kentongan.
  4. Menebarkan pemakan jentik, Menekan kepadatan nyamuk dengan menebarkan ikan pemakan jentik. Seperti ikan kepala timah, nila merah, gupi, mujair dll.

0 komentar:

Post a Comment