Kompilasi Pena

Penyebab Tanda Gejala Gagal Ginjal

Beberapa penyebab penyakit gagal ginjal akut atau kronik bisa karena faktor pola makan dan kebiasaan kita yang kurang sehat atau juga bisa dikarenakan oleh karena kerusakan pada ginjal sendiri. Bisa disebabkan karena faktor prerenal, renal (ginjal) maupun postrenal. Untuk itulah Kompilasi Pena akan sedikit berbagi mengenai hal-hal yng berhubungan dengan penyakit ginjal yang satu ini.

Ginjal merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi vital bagi manusia. Ginjal merupakan organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Pada manusia normal, terdapat sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut, atau abdomen.

Letak Ginjal tersebut terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Pada orang dewasa, setiap ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm dengan berat sekitar 150 gram. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menitnya. Inilah sedikit mengenai anatomi fisiologis ginjal itu sendiri.

Penyebab Tanda Gejala Gagal Ginjal

Fungsi Ginjal


Salah satu fungsi organ penting dalam tubuh kita yaitu ginjal salah satunya adalah sebagai alat penyaring atau pencuci darah dan juga sebagai pembuang zat-zat yang tidak berguna (fungsi sekresi) dan juga ginjal bertugas menjaga keseimbangan air, keasaman darah dan juga elektrolit dalam tubuh kita.

Keseimbangan volume di dalam darah dilakukan oleh ginjal, hal ini bertujuan agar darah yang mengalir dapat dikontrol banyaknya, karena jika kekurangan darah maka mengakibatkan tubuh menjadi lemah, sedangkan jika jumlah darah terlalu banyak maka tubuh tidak kuat menampung banyaknya darah yang tidak bisa tersalurkan.

Fungsi lain dari ginjal ini dapat mempertahankan zat yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh bersama darah. Dan mengalirkannya lagi ke seluruh peredaran darah. Pengatur zat yang diseimbangkan ini dapat membantu dalam mengurangi jumlah zat yang berlebihan.

Penyebab Gagal Ginjal


Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di dedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :
  1. Penyakit tekanan darah tinggi (Hipertensi).
  2. Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus).
  3. Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur).
  4. Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik.
  5. Menderita penyakit kanker (cancer).
  6. Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease).
  7. Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah dalam dunia medis kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.
Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah: Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal dua macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.

Tanda Gejala Penyakit Gagal Ginjal


Ada beberapa tanda gejala serta ciri-ciri penyakit gagal ginjal ini baik kronik maupun akut.
Tanda gejala gagal ginjal akut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Bengkak Mata, Kaki, Nyeri pinggang hebat (kolik), Kencing sakit, Demam, Kencing sedikit, Kencing merah/darah, Sering kencing. Pada pemeriksaan laborat akan terlihat pada Kelainan Urin: Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri.
Tanda gejala gagal ginjal kronis (GGK / CKD) antara lain sebagai berikut :
  • Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan kurang, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/ anemia.
Demikian tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan gagal ginjal serta juga faktor resiko gagal ginjal dan semoga hal ini bisa menambah pengetahuan kita akan kesehatan yang pada ujungnya akan membuat kita untuk bisa terus-menerus menjaga serta memelihara kesehatan dan juga kebugaran tubuh kita masing-masing dan jangan lupakan pula dengan Pola Hidup Sehat.

0 komentar:

Post a Comment