Kompilasi Pena

Prioritas Jabatan Formasi Lowongan CPNS 2014

Daftar Instansi pemerintah mulai dari kementrian dan instansi daerah yang membuka lowongan cpns tahun 2014 ini adalah keseluruhan berjumlah 482 instansi. Tahun ini ada 482 instansi pemerintah yang mendapat formasi dan akan membuka lowongan CPNS. Dia menyebutkan, untuk instansi pusat terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga. Sedangkan di pemerintah daerah terdiri dari 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten kota.

Formasi CPNS ASN 2014 dibuka 100 ribu, terdiri dari 65 ribu CPNS dan 35 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Untuk CPNS, 25 ribu formasi untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemda, sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah.

Prioritas Jabatan Formasi Lowongan CPNS 2014

Prioritas rekrutmen CPNS Untuk instansi pusat, adalah jabatan fungsional tertentu (jabatan fungsional) yang menjadi jabatan utama di instansinya, dan jabatan fungsional lain sebagai penunjang jabatan utama. Selain itu, juga diprioritaskan untuk jabatan fungsional umum (pelaksana yang melaksanakan tugas teknis.

Adapun Prioritas CPNS untuk pemerintah daerah meliputi pelamar umum dengan prioritas jabatan di lingkungan dinas yang menunjang program pelaksanaan pembangunan sesuai potensi dan karakteristik daerahnya masing-masing. Selain itu juga pelamar khusus dengan prioritas jabatan dokter PTT untuk penempatan pada sarana pelayanan kesehatan pemerintah di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kurang diminati.

Berikut jabatan yang menjadi prioritas mengisi lowongan formasi cpns pusat dan daerah 2014
Untuk Formasi CPNS Pusat Kementrian antara lain adalah :
  1. Guru (guru kelas dan guru produktif)
  2. Dosen
  3. Jabatan penegak hukum (pro justice) : Jaksa, penitera, sipir (pengaman lembaga pemasyarakatan).
Jabatan utama (core bisnis), seperti :
  • Pengawas tata bangunan dan perumahan;
  • Pengawas teknik jalan dan jembatan;
  • Penata ruang;
  • Pengawas teknik pengairan;
  • Arsitek;
  • Pemeriksa pajak, penyuluh pajak, dan pemeriksa bea cukai;
  • Pemeriksa merek, Pemeriksa dokumen imigrasi;
  • Mediator hubungan industrial, Instruktur, Pengawas ketenagakerjaan;
  • Pengawas gunung api, Inspektur tambang;
  • Penguji kendaraan bermotor, Pengawas keselamatan pelayaran, ATC.
Untuk prioritas rekrutmen cpns daerah 2014 antara lain adalah berisikan jabatan fungsional antara lain :
  1. Guru, seperti : guru kelas dan guru produktif (guru tata boga, guru seni kriya, dan guru desain grafis).
  2. Tenaga kesehatan medis dan paramedis, seperti : Dokter, dokter spesialis, bidan, perawat, dan refraksionis optisien).
  3. Jabatan yang mendorong pertumbhan ekonomi masyarakat (pro growth).
  4. Jabatan yang menciptakan pengurangan kemiskinan (pro job), seperti : pamong belajar, pembimbing terapan teknologi tepat guna, penggerak swadaya masyarakat).
  5. Jabatan yang berperan dalam pengendalian pertumbuhan penduduk, seperti: Penyuluh KB (keluarga berencana).
Menurut rencana, pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi (sistem single entry) akan dilakukan pada bulan Juli, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai bulan Agustus 2014. Satu pelamar dapat memilih tiga jabatan dalam satu instansi. "Saat pendaftaran tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja," tambah Herman (menpan.go.id)

0 komentar:

Post a Comment