Kompilasi Pena

Seleksi Tes CPNS 2014 Gunakan CAT

Proses seleksi penerimaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil tahun 2014 pemerintah telah merencanakan penggunaan 100% sistem CAT (Computer Assisted Test). Demikian diungkapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bahwa hal ini tidak menggunakan lagi tes dengan menggunakan LJK (lembar Jawab Komputer) seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Sebanyak 465 instansi pemerintah akan merekrut Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri dari CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Adapun formasi ASN tahun 2014 ini sebanyak 100 ribu, terdiri dari 60.000 formasi CPNS dan 40.000 untuk PPPK.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, seleksi CPNS 2014 direncanakan 100% menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Seleksi Tes CPNS 2014 Gunakan CAT

Test CPNS Wajib Gunakan CAT

Menteri PANRB Azwar Abubakar mengungkapkan, pelaksanaan tes CPNS dari jalur pelamar umum tahun 2014 wajib menerapkan sistem computer assisted test (CAT). Untuk itu, melalui surat bernomor B-2432/M.PAN.RB/7/2013 tertanggal 29 Juli 2013, Menteri mengharapkan seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem CAT dimaksud.

Untuk itu para peserta dan pendaftar pada seleksi penerimaan serta pendaftaran cpns tahun ini diharapkan juga mengetahui akan hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan juga Persyaratan Dan Materi CAT 2014 dengan baik. Karena hal ini berkaitan juga dengan cara tips lulus cat cpns di tahun ini juga.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan pula bahwa dengan belajar dan mengetahui akan berbagai macam bentuk soal CAT CPNS ini maka diharapkan para pelamar pegawai negeri sipil akan lebih familier dengan metode baru tes CPNS berbasis komputer ini.

Sehingga dengan hal ini mereka bisa konsentrasi belajar materi tes. Tes CPNS terdiri dari tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Untuk TKD, seluruhnya akan menggunakan CAT, dengan materi wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum.

Untuk lebih memudahkan masyarakat, Kementerian PANRB berencana memasukkan CAT ke dalam website. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa diakses, sehingga masyarakat dapat menggunakannya dari mana saja dan kapan saja.

Salah satu yang menarik dalam tes CPNS tahun 2014 ini, seorang pelamar bisa mendaftar lebih dari satu pilihan. Satu orang dapat melamar tiga jabatan yang memiliki kualifikasi yang sama, dalam satu instansi. Kalau tahun lalu, pelamar bisa mendaftar di berbagai instansi, kali ini cukup mendaftar di satu instansi, tetapi pilihannya dapat di beberapa instansi. Yang penting kualifikasinya sama, pelamar dapat memilih tiga instansi, dan tesnya cukup sekali.

1 komentar: