Kompilasi Pena

Persyaratan Pendaftaran Materi Tes CPNS 2014

Lowongan pendaftaran CPNS 2014 akan mulai dibuka oleh pemerintah pada pertengahan tahun ini. Karena menggunakan tes cat cpns 2014 ini maka pemerintah Indoensia akan menggelar tes seleksi penerimaan cpns secara bertahap dan tidak dilakukan secara bersamaan seperti pada tahun-tahuns sebelumnya.

Karena memang di tahun 2014 ini pemerintah akan menggunakan sistem CAT CPNS dan tidak lagi menggunakan sistem lembar jawab komputer (LJK) dan berbeda dengan tahun 2013 yang lalu. Yang mana di tahun 2013 lalu pemerintah menggunakan sebagian tes seleksi rekrutmen penerimaan cpns dengan CAT dan sebagian lagi masih ada yang menggunakan sistem LJK.

Persyaratan Pendaftaran serta materi soal tes cat cpns 2014

Tahapan Pendaftaran CPNS

Secara umum untuk tahapan penerimaan dan pendaftaran cpns tahun 2014 ini tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Dan mengingat bahwa pendaftaran online cpns 2014 untuk saat ini pada tahapan proses rekrutmen dan seleksi juga pendaftaran untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)dilakukan secara online.

Sehingga dalam hal ini masing-masing kementerian memiliki situs yang bisa diakses untuk pendaftaran tersebut. Saat mendaftar, pastikan bahwa pendaftar telah memiliki alamat email yang aktif. Selain secara online, pendaftaran juga bisa dilakukan dengan mengirimkan berkas-berkas persyaratan ke panitia pusat penerimaan CPNS. Ini setelah peserta memasukkan data dan mencetak berkas-berkas lamaran online tersebut.

Persyaratan

Pada setiap instansi yang mengadakan seleksi tes cpns tentunya mempunyai beberapa syarat dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan proses pendaftaran selanjutnya. Dan perihal ini nantinya bisa dicek secara langsung pada website tempat para peserta melakukan registrasi online cpns 2014.

Beberapa syarat untuk melamar menjadi PNS tahun 2014 secara umum adalah sebagaai berikut :
  • Pelamar CPNS adalah Warga Negara Indonesia
  • Pelamar CPNS Tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang narkoba.
  • Pelamar CPNS tidak pernah terlibat dalam kejahatan (dipenjara).
  • Pelamar CPNS tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta.
  • Pelamar Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri.
  • Pelamar CPNS siap untuk penempatan disemua wilayah Indonesia.
  • Pelamar CPNS adalah lulusan tamatan Sarjana, Diploma atao SMK/SMA sesuai formasi yang dilamar pada CPNS 2014
Materi Tes CAT CPNS 2014
Pada pelaksanaan ujian CAT cpns 2014 ini akan berisikan soal-soal cpns yang nantinya terdiri dan terbagi dari soal-soal berikut ini yaitu :
TKD (Tes Kemampuan Dasar)
Tes-tes yang termasuk di dalam materi ini adalah terdiri dari soal-soal yang berisikan tentang :
  • Tes Wawasan Kebangsaan.
  • Tes Intelegensia Umum.
  • Tes Karakteristik Pribadi.
TKB (Tes Kemampuan Bidang)
bagi peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) selanjutnya berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan tes TKB, artinya setelah lulus TKD maka berarti lulus ujian CPNS. Passing grade kelulusan cpns 2014 sampai saat ini juga belum ditentukan secara resmi oleh pemerintah.

0 komentar:

Post a Comment