Kompilasi Pena

Pengangkatan Honorer K2 Menjadi PNS dan TMT CPNS Honorer

Pemerintah mengangkat honorer menjadi CPNS dimulai pada bulan Juni 2014 ini. Honorer Kategori dua (K2) ada yang akan resmi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil serta juga berhak untuk mendapatkan NIP PNS (Nomor Induk Pegawai) yang tentunya akan menjadi kabar gembira bagi para honorer yang telah lulus ujian cpns tahun 2013 kemarin.

Bila para honorer kategori II yang lulus tes cpns dan mendapatkan NIP maka bila termasuk dalam honorer daerah maka pemerintah daerah yang bersangkutan akan SK CPNS Honorer K2 sehingga dengan terbitnya SK tersebut maka akan resmi pula CPNS yang bersangkutan resmi bekerja dan akan mendapatkan gaji sebagai CPNS yang baru.

Perhitungan TMT CPNS

Penetapan NIP CPNS dari jalur honorer ada aturan sendiri yang menjadi acuan dan landasan utamanya. Dan yang menjadi pedomannya adalah aturan dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang tertuang di dalam Peraturan Kepala BKN No K.26-30/V.23-4/99. Dan penghitungan mengenai TMT (Terhitung Mulai Tanggal) menjadi CPNS pun bisa dimulai dilaksanakan.

Dijelaskannya pula di dalam Perka BKN tersebut diatas bahwa apabila usulan NIP-nya masuk di akhir bulan Februari, maka terhitung mulai tanggal (TMT)-nya 1 Maret. Apabila masuk akhir April, TMT 1 Mei, begitu seterusnya. Lantaran usulan pemberkasan NIP baru masuk ke BKN nanti Mei, jadi TMT honorer yang masuk itu per 1 Juni 2014 nantinya. (jpnn.com)

Pengangkatan Honorer K2 Menjadi PNS dan TMT CPNS Honorer

Ada beberapa persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah untuk bisa memenuhi pengangkatan keseluruhan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil sesuai yang telah diinformasikan oleh Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang telah mengatakan bahwa "Seluruh honorer kategori dua akan diangkat bertahap. Tapi pengangkatannya kan harus ada syaratnya jadi bukan gratis,"

Persyaratan dan kriteria pengangkatan sisa honorer K2 yang tidak lulus tes cpns pada Pengumuman Kelulusan CPNS Honorer Tahun 2013 kemarin yaitu antara lain harus melewati tes dan verifikasi data honorer. Di samping itu disesuaikan juga dengan kemampuan anggaran pemerintah.

0 komentar:

Post a Comment