Kompilasi Pena

Manfaat Olahraga

Manfaat Tujuan Olahraga Bagi Kesehatan adalah besar pengaruh dan manfaat positif bila kita rajin dan rutin dalam melakukan aktifitas olahraga ini.

Jenis macam olahraga yang menyehatkan tidak harus banyak mengeluarkan tenaga dan juga biaya di dalam pelaksanaannya. Berjalan kaki tiap pagi memutari komplek perumahan ataupun kampung tempat tinggal kita dalam waktu 1/2 jam sudah cukup untuk mempertahankan kebugaran dan kesehatan tubuh kita.

Demikian pula cara tips kiat menjaga kesehatan anak tentunya juga dengan mengajarkan anak untuk beraktifitas dan berolahraga semenjak kecil dan dini. Hal ini agar membentuk jiwa yang menyenangi aktifitas fisik dan olahraga itu sendiri pada anak-anak kita.

Aktifitas fisik yang tepat akan memacu tumbuh kembang anak secara optimal.Tapi itu bukan berarti sang buah hati harus melakukan senam jasmani setiap hari loh.Tang penting anak selalu aktif bergerak.

Tepat sekali bila dikatakan olahraga yang tepat merupakan kunci bagi kondisi fit dan bugar, termasuk bagi anak-anak.Tentunya latihan jasmani ini perlu dibarengi dengan kebiasaan hidup sehat lainnya, seperti diet dengan gizi seimbang dan juga lingkungan yang mendukung.

Manfaat Tujuan Olahraga
Manfaat Tujuan Olahraga

Berikut adalah beberapa Manfaat Olahraga Bagi anak antara lain adalah sebagai berikut :

Menjaga Kesehatan Anak
Mempertahankan kesehatan dan juga mengurangi resiko berbagi penyakit, khususnya yang berkaitan dengan obesitas.Berbagai penelitian menunjukkan, obesitas pada anak-anak meningkatkan resiko terjadinya penyekit degeneratif, seperti jantung, stroke dan diabetes pada usia yang lebih muda. Belum termasuk lebih mudah terkena infeksi dan risiko kanker kelak dikemudian hari.

Menjaga Kebugaran Tubuh
Olahraga yang dilakukan oleh anak-anak tentunya yang disesuaikan dengan takaran akan membuat anak menjadi lebih bugar sehingga ia bisa lebih aktif dan produktif. Dan juga bersemangat untuk belajar di sekolah pula.

Membantu Pertumbuhan Anak
Kombinasi olahraga dan diet yang tepat sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak, akan merangsang tubuh untuk mengaktifkan hormon-hormon pertumbuhan, sehingga anak bisa mencapai potensi maksimal yang dimilikinya.

Membantu dan Mendukung Perkembangan Anak
Olahraga membantu meningkatan perkembangan fungsional semua panca indra.Karena saat berolahraga anak-anak dilatih untuk bisa memahami perintah, aturan main, kerja sama, mencari solusi, dan mencapai tujuan.

Belajar Bersosial
Olahraga yang dilakukan secara berkelompok akan membuat anak-anak mempunyai watak sosial, terlepas dari karakter olahraga yaang individu atau olahraga berkelompok. Dengan memiliki kelompoknya, anak-anak bisa memahami adanya perbedaan, persaingan, persahabatan, kemenangan, dan kekalahan, serta bisa menyikapi secara dewasa semua hal yang terjadi pada dirinya.

Meningkatkan Kecerdasan
Fungsi manfaat olahraga dapat membuat koordinasi kerja otak yang semakin bagus, sehingga anak mudah menyerap informasi atau pengetahuan yang diberikan. Pengaruh positif lainnya anak akan mempunyai rasa percaya diri yang baik dan melatih pula keterampilan sosialnya menjadi lebih baik.

0 komentar:

Post a Comment