Kompilasi Pena

8 Penyebab Pegal

8 Penyebab Pegal
Beberapa hari yang lalu pena memposting tentang Rambu-Rambu Mendongeng maka sore hari ini pena akan kembali berbagi dengan teman-teman mengenai 8 penyebab pegal.Selamat menyimak sobat dan langsung saja cekidot...

Tanpa disadari, aktivitas sehari-hari bisa menjadi asal muasal pegal dan nyeri.Penyebab pegal, linu dan nyeri di bagian kaki, tangan, pinggang, kepala, dan bagian tubuh lainnya biasanya karena otot kurang relaksasi.Dampaknya pada tubuh pun bisa lebih parah.Seperti tidak nafsu makan, tidak bergairah, atau terserang penyakit lainnya yang lebih parah.


Di bawah ini 8 Penyebab Pegal :

1. Duduk di perjalan jauh dan panjang atau terlalu lama di depan komputer, menyebabkan kaki dan pinggang terasa pegal dan nyeri.Penyebabnya pinggul terlalu lama menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama.Usahakan mengubah posisi duduk dengan menyadandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.

2. Begadang bisa menyebabkan leher terasa tegang dan kaku.Usahakan tidur tidak terlalu pagi dan cukupi kebutuhan istirahat sebanyak delapan jam setiap hari.

3. Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi dan posisi yang salah menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena aliran darah ke kepala tidak lancar.Biasanya bantal ortopedi bisa membantu mengurangi rasa pegal karena bentuknya tepat menyangga leher.

4. Olahraga berguna untuk meregangkan otot dan melumasi setiap sendi sehingga anda bisa bergerak leluasa dan ringan.Sebaliknya, ketika anda jarang atau tidak pernah berolahraga, ibarat besi berkarat, tubuh mudah nyeri dan pegal.Namun, olahraga berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena otot bisa "robek".

5. Jika aktivitas sehari-hari terlalu banyak menggunakan tangan selain kaku, tangan kerapkali kesemutan.Misalnya, terlalu sering memencet keypad smartphone atau mengiris bumbu.Solusinya, berikan "jam bebas" pada tangan sehingga bisa beristirahat.

6. Terlalu lama berada di ruangan berpendingin ruangan bisa memunculkan rasa lelah dan pegal.Karenanya sempatkan untuk keluar sebentar dan berjemur ke tempat yang terkenan sinar matahari.

7. Pergantian udara dari panas ke dingin atau sebaliknya dapat menyerang saraf-saraf di kepala sehingga menimbulkan sakit kepala sebelah atau di seluruh kepala.

8. Saat anda pergi beraktivitas, jangan memasukkan semua barang bawaan anda dalam satu tas, termasuk laptop.Taruhlah laptop di tas terpisah, agar beban tidak tertumpu pada satu lengan saja.Ingat, beban yang terlalu bisa memicu pegal.



Sampai di sini dulu sobat postingan pena tentang 8 Penyebab Pegal.Semoga artikel 8 penyebab pegal ini dapat bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment