Kompilasi Pena

Pola dan Kebutuhan Tidur Anak

Pola dan Kebutuhan Tidur Anak.

Beberapa hari yang lalu pena memposting tentang 8 Penyebab Pegal maka malam hari ini pena akan kembali berbagi dengan teman-teman mengenai pola dan kebutuhan tidur anak.Selamat menyimak sobat dan langsung saja cekidot...

Jangan sepelekan kebutuhan tidur anak. Karena, saat tidur pertumbuhan otak balita (bayi di bawah lima tahun) mencapai puncaknya. Otak juga mengonsolidasi segala memori dan pengetahuan baru. Tak hanya itu, otot, kulit, sistem jantung dan pembuluh darah, metabolisme tubuh, dan tulang mengalami pertumbuhan pesat saat tidur. Hal itu disebabkan tubuh balita memproduksi hormon pertumbuhan tiga kali lebih banyak dibandingkan ketika dia terbangun.

Masalah tidur pada anak membawa berbagai dampak, yang hingga kini belum didefinisikan secara lengkap, di antaranya adalah gangguan pertumbuhan, kesehatan kardiovaskular, fungsi kognitif dan perilaku sehari-hari.
Kemampuan akademik pada berbagai tingkatan usia juga dapat dipengaruhi oleh gangguan tidur yang tidak terdiagnosis. Meskipun dampak gangguan tidur yang tidak disadari ini telah semakin jelas, namun masih sedikit penelitian yang telah dilakukan.



Dibawah ini adalah pola dan kebutuhan tidur anak :

1. Usia 1 - 4 minggu.
Pola tidur bayi baru lahir adalah sebentar-bentar namun sering.Kebutuhan tidurnya sekitar 15-18 jam.Pola tidurnya belum teratur, karena belum mempunyai jam biologis sendiri.Untuk bayi prematur, umumnya pola tidurnya lebih lama dari bayi normal.

2. Usia 1 - 4 bulan.
Pola tidurmulai terbentuk.Durasi paling lama untuk sekali tidur bisa 4-6 jam.Kebutuhan tidur perhari adalah 14-15 jam.Namun bayi masih rancu membedakan siang dan malam, jadi bagi mereka tidak ada tidur siang atau pun malam.

3. Usia 4 - 8 bulan.
Biasanya memiliki 3 waktu tidur siang hari, lalu menurun menjadi 2 waktu tidur siang ketika berusia 6 bulan.Tidur siang pertama biasanya mulai pukul 9 dan berlangsung 1 jam, tidur siang kedua biasanya pukul 9 dan berlangsung sekitar satu sampai dua jam, tidur siang ketiga berlangsung sekitar pukul 3 sampai 5 sore.Saat ini mereka secara fisik mampu tidur sepanjang malam.

4. Usia 8- 12 bulan.
Idealnya tidur 15 jam sehari.Pola tidurnya sudah seperti orang dewasa.Lebih banyak di malam hari , bisa mulai tidur pukul 19.00 bangun sekitar pukul 07.00 atau bahkan lebih siang.Sementara tidur siang biasanya pukul 10 atau 12, selama 1 - 2 jam atau bisa lebih.

5. Usia 1 - 3 tahun.
Tidur siang semakin sedikit, hanya tidur siang dalam sehari dan berlangsung sekitar 1 - 3 jam, sisanya dihabiskan di malam hari.Kebutuhan tidurnya 12 - 14 jam, namun biasanya hanya mendapatkan waktu sampai 10 jam per harinya.

6. Usia 3 - 6 tahun
Kebutuhan tidurnya 10 - 12 jam per hari.Jika kecukupan tidur terpenuhi di malam hari anak tidak perlu tidur siang.

7. Usia 7 - 12 tahun.
Tidur malamnya semakin larut dan biasanya hanya tidur 9 - 10 jam per hari, bahkan tak jarang lebih sedikit karena tugas atau menonton teve.Siang hari hampir jarang tidur, kalau pun tidur kira-kira 2-3 jam.

Sampai di sini dulu sobat postingan pena tentang pola dan kebutuhan tidur anak.Semoga artikel pola dan kebutuhan tidur anak ini dapat bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment