Kompilasi Pena

Tanda Ciri Anak Sehat Cerdas

Mengenali akan tanda anak yang sehat dan pandai bagi orang tua adalah merupakan hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh untuk diremehkan. Karena memang dengan mengetahui akan ciri-ciri anak sehat akan bisa membuat perkembangan dan pertumbuhan sang anak itu sendiri.

Dan akan lebih baik dan orang tua bisa mengarahkannya ke hal-hal yang bermanfaat baik dalam hal yang berpengaruh terhadap kesuksesan di dunia pendidikannya kelak ketika dewasa dan juga bisa menjadi tahap awal meraih kesuksesan sang anak dalam dunia pekerjaan nantinya.

Ciri anak tumbuh sehat akan bisa terlihat dari penampilan fisik maupun mentalitas sang anak. Tentunya ini diukur dalam takaran anak, berbeda dengan cara pengukuran dan penilaian terhadap orang dewasa pada umumnya.

Karena dengan kita para orang tua mengetahui apa saja tanda ciri anak cerdas maka kita akan bisa juga menggunakannya hal ini dalam rangka mengenali dan menggali potensi anak kita sendiri.

Anak sehat cerdas tentunya tidak terlepas dari peran serta orang tua di dalam memberikan asupan gizi nutrisi yang baik dan cukup serta menyehatkan. Baik hal ini dilakukan di dalam masa kehamilan sang ibunya maupun ketika sang anal sedang dalam masa keemasan di fase pertumbuhan perkembangan yang menunjang akan kecerdasan otaknya sang anak itu sendiri.

Berikut beberapa cara dalam mengenali akan tanda kriteria anak yang sehat dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya yaitu :

Anak Tumbuh Sesuai Masa Tumbuh Dan Kembangnya
Bila putra putri kita tumbuh serta berkembang sesuai dengan tahapan masa perkembangannya maka ini adalah salah satu kriteria yang menggambarkan anak kita sehat. Berat badan dan juga tinggi badan berkembang dan meningkat sesuai dengan pertambahan usia sang anak.

Tanda Ciri Anak Sehat Cerdas

Rambut Anak Kuat Dan Berkilau

Ini juga salah satu penilaian yang bisa diberikan oleh para orang tua untuk menilai pertumbuhan dan perkambangan yang sehat.Protein dari daging, ayam, ikan dan kacang-kacangan dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Rambut yang sehat dapat melindungi kepala si anak. Tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan cukup asupan dalam hal makronutrien, seng, serta vitamin C dan E. yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut sang anak.

Wajah Ceria, Mata Bening dan Bibir Segar

Mata yang sehat dan bening didapat dari konsumsi vitamin A dan C seperti tomat dan wortel. Bibir segar didapat dari vitamin B, C dan E seperti yang terdapat dalam wortel, kentang, udang, mangga, jeruk. hal ini bisa dipantau dalam perkembangan kejiwaan dan sosialnya seperti halnya anak akan lebih terlihat ceria, aktif berkomunikasi, dan mau berteman dan bersosial.

Anak Aktif Dan Dapat Berbicara Sesuai Dengan Tahapan Umur.
Hal ini bisa dikenali oleh para orang tua dengan melihat dan memperhatikan bahwa sang anak bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur. Fungsi motorik anak yang sehat bila anak bergerak aktif sesuai umur, lincah bermain sesuai umur, dan berbicara lancar sesuai umur.

Waktu Istirahat Yang Cukup

Tidur rutin dan juga tidak susah tidur. Perkembangan anak akan sangat dipengaruhi oleh pemenuhan dalam hal waktu istirahatnya yang cukup. Hal ini akan sangat berpengaruh positif terhadap tubuh dan otaknya karena akan secara maksimal berkembang ketika dalam keadaan sang anak tidur istirahat .

Bila anak tidur nyenyak dalam waktu yang cukup akan membuat anak menjadi tidak mudah lesu, dan bila anak kemudian menjadi cepat mengantuk, ini menunjukkan ada yang tidak seharusnya pada kondisi kesehatannya. Karena memang sang anak mempunyai pola dan kebutuhan tidur anak yang berbeda dengan tidur orang dewasa.

Dan berikut ada beberapa tanda ciri anak cerdas yang bisa dikenali oleh para orang tua yaitu :
  1. Kemampuan Bahasa Yang Baik. hal ini bisa dilihat bila sang anak mempunyai kemampuan yang lebih dalam hal berbicara dalam kalimat lengkap lebih awal dibanding teman sebayanya yang seumuran dengannya. Karena memang masing-masing anak mempunyai kemapuan yang berbeda-beda dalam berkomunikasi. Untuk itulah orang tua juga perlu untuk mempunyai bagaimana berkomunikasi yang baik dengan anak.
  2. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu hal. Tidak puas akan jawaban yang diberikan atas pertanyaan yang diberikannya sebelum sang anak mengerti dan memahami. Tentunya pemahaman dalam usia anak itu sendiri.
  3. Aktif. Aktif dalam hal motoriknya. Hal ini bukan juga berarti anak hiperaktif juga. Anak yang hiperaktif hanya memiliki rentang konsentrasi rendah, sementara anak yang berbakat mampu berkonsentrasi pada satu hal untuk waktu yang lama. Ia juga memiliki keinginan kuat pada hal yang menjadi ketertarikannya dan suka melakukan aktivitas sulit.
  4. Memiliki imajinasi yang jelas. Anak berbakat seringkali menciptakan teman imajiner.
  5. Mampu mengingat sesuatu dengan mudah dan menceritakan kembali apa yang ia pelajari dari buku, TV, atau film yang ditontonnya.
  6. Mempunyai akan bakat dan kemampuan serta talenta khusus, misalnya saja kemampuan artistik atau dalam hal angka. Misalnya saja, anak mampu menggambar sesuatu dengan sangat jelas atau bisa mengingat angka dengan mudah. Ini juga bagian dari tanda-tanda anak berbakat yang bisa dimonitoring oleh para orang tua.

0 komentar:

Post a Comment