Kompilasi Pena

Tanda Ciri Akan Melahirkan

Mengenali tanda segera melahirkan bersalin terutama bagi ibu hamil yang baru pertama kali merasakan pengalaman dalam mengandung dan hamil tentunya agak susah. Berbeda dengan para ibu-ibu hamil yang dalam masa kehamilan anak kedua, anak ketiga dan selanjutnya tentu tidak asing dengan tanda-tanda menjelang persalinan yang akan segera berjalan.

Karena pentingnya kita mengetahui akan berbagai hal mengenai Kapan kehamilan ibu berakhir? Bagaimana tanda ibu akan melahirkan?Bagaimana tanda melahirkan? Bagaimana ciri melahirkan? Kapan harus ke rumah sakit bersalin? Kapan harus ke bidan? adalah merupakan bagian perhatian seorang ibu dalam menjaga kesehatan kehamilan dan juga proses persalinan yang akan segera berlangsung demi kesehatan janin bayi yang dikandungnya agar selamat serta sehat dalam menempuh proses persalinan normal nya dan lahir ke dunia dalam keadaan sehat pula.

Bulan ke-9 kehamilan atau trimester ketiga III kehamilan merupakan saat ibu perlu menyiapkan diri mengenali tanda-tanda melahirkan. Selain menyiapkan mental, Anda harus menyiapkan fisik untuk menjalani proses persalinan yang cukup melelahkan. Menjaga pola makan dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan juga melakukan olahraga sesuai anjuran dokter.

Karena memang manfaat olahraga bagi ibu hamil juga penting untuk diperhatikan selama hal tersebut atas ijin dan rekomendasi dokter. Jika memungkinkan, ikutlah kelas senam kehamilan atau yoga kehamilan yang bisa membantu dalam memperlancar proses melahirkan sang bayi nantinya.

Tanda persalinan melahirkan akan bisa dirasakan seorang ibu hamil dalam waktu beberapa hari atau bahkan beberapa jam sebelum proses melahirkan berlangsung dengan sesungguhnya. Pengetahuan akan tanda awal melahirkan ini tidak saja harus diketahui oleh sang ibu, sang ayah juga perlu mengetahuinya. Karena hal inilah seorang suami akan menjadi SUAMI SIAGA yang siap menghantarkan istrinya mendatangi tenaga kesehatan atau pun ke Rumah Sakit bila ciri awal kehamilan berlangsung.

keterangan gambar

Tanda awal wanita akan melahirkan dan juga persalinan akan semakin mendekat dapat dikenali ibu hamil dengan adanya tanda akan melahirkan diantaranya sebagai berikut :

Keluar Lendir Yang Bercampur Dengan Darah.
Bila ibu hamil dalam masa umur kehamilan 9 bulan mengalami akan hal ini maka segera mendatangi tenaga kesehatan adalah pilihan yang paling tepat. Bloody show adalah juga termasuk dalam tanda khas bahwa proses melahirkan akan segera datang. Bersamaan dengan keluar lendir yang bercampur darah ini akan terjadi juga sebuah proses pelunakan, pelebaran, serta penipisan mulut rahim ibu hamil tersebut. Atau mudahnya adalah dengan para ibu hamil mengetahui akan flek darah pada celana dalam Jika diperhatikan, pada celana ibu mulai muncul flek, awalnya berwarna sedikit kecoklat-coklatan, lalu coklat muda, coklat, hingga mendekati warna darah.

Pecah Air Ketuban.
Bila ibu hamil yang pertama kali biasanya tidak mengenali bahwasannya ketubannya telah pecah. Hal yang bisa dikenali akan hal ini adalah ciri khas air ketuban yang umumnya warna yang bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan. Bisa keluar secara cepat atau pun keluar sedikit demi sedikit (merembes). Bila menjumpai tanda tanda-tanda persalinan seperti ini maka harus segera mendapatkan pertolongan persalinan karena air ketuban semakin lama semakin habis dan ini bila dibiarkan akan sangat berbahaya kepada janin yang dikandungnya. Dalam istilah dunia kesehatan disebut dengan Pecah Ketuban Dini (KTD).

Kontraksi (HIS) Yang Semakin Meningkat.
Peningkatan kontraksi (kenceng-kenceng) pada ibu hamil yang perlu diwaspadai bila datangnya selama 10 menit dan kontraksinya akan semakin meningkat. Tanda kontraksi pada ibu hamil yang akan melahirkan juga perlu dibedakan dengan adanya kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks). Karena juga ada beberapa kasus adanya braxton hicks ini seorang ibu mendatang tenaga kesehatan dan karena bukan his atau kontraksi akan melahirkan maka biasanya akan disuruh pulang, Karena hal ibu bukanlah termasuk dalam tanda-tanda persalinan sudah dekat.

Sakit Nyeri Pada Daerah Pinggul.
Penyebab hal ini adalah oleh karena adanya peningkatan pergerakan dan juga pergeseran janin yang mulai menekan pada daerah tersebut. Rasa sakit ini juga harus bisa dibedakan apakah sakit biasa atau karena akan melahirkan. Bila ibu hamil yang pernah melahirkan akan bisa membedakannya, akan tetapi pada ibu hamil anak pertama hal ini juga bisa cukup membingungkan untuk membedakannya. Hal ini juga tidak beda jauh dengan adanya kontraksi ibu hamil ada yang sesungguhnya dan juga ada kontraksi yang palsu pula. terkadang juga ada perasaan ingin buang air besar (BAB) yang besar pada para ibu-ibu juga ketika sudah mendekati masa awal melahirkan atau pun pada pembukaan terakhir seperti pada pembukaan 9 atau pun pembukaan lengkap (pembukaan 10).

0 komentar:

Post a Comment