Kompilasi Pena

Penerimaan Seleksi PPPK Dan CPNS 2014

Pendaftaran CPNS Tahun 2014 memang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia yang mempunyai keinginan menjadi salah satu pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan baik di tingkat Pusat yaitu Kementrian maupun pada tingkat daerah yang terdiri dari cpns provinsi kabupaten kota di tahun 2014 ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar dan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014. Pemerintah menyediakan 100 ribu kursi yang terdiri dari kuota formasi CPNS 2014 adalah berjumlah 60 ribu dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan kuota 40 ribu di seluruh Indonesia.

Penerimaan Seleksi PPPK Dan CPNS 2014

Seleksi tes cpns tahun 2014 ini nantinya tidak hanya untuk formasi calon pegawai negeri sipil saja akan tetapi Pemerintah republik Indonesia juga membuka pendaftaran untuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dengan tes yang sama pula. Khusus untuk PPPK hal ini ditegaskan bahwasannya bukan honorer atau pegawai tidak tetap, tapi pegawai yang dikontrak minimal satu tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan, kinerja, kompetensi yang dimilikinya.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi birokrasi (PANRB) Eko Prasojo mengatakan, PPPK dapat membuat fleksibilitas dan mengubah DNA atau gen dalam birokrasi. “Selain itu, PPPK juga mampu memacu adrenalin dalam birokrasi dan menumbuhkan citra baru bahwa orang yang ingin mengabdi pada negara tidak harus berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),” ujarnya di Jakarta, Senin (05/05).

Berikut daftar pendaftaran cpns 2014 yang telah membuka pendaftaran online tahun 2014 yaitu :
Selama ini, PNS yang berkinerja bagus ataupun tidak bagus, biasanya tetap dipertahankan sampai pensiun. Tidak ada sejarahnya PNS berkinerja buruk dipensiunkan. Namun hal itu dimungkinkan dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kalau kinerjanya tidak bagus, PNS bisa diberi sanksi sampai pemberhentian sebagai pegawai,” tegasnya.

Hal ini juga berlaku pada para dosen dan guru yang ingin menjadi CPNS dan PPPK pemerintah juga memberikan kesempatan yang sama terkait dengan ini.

Dikatakan, antara PNS dan PPPK hampir semuanya sama, kecuali NIP dan pensiun. Dalam perjanjian kerja bagi PPPK, akan dituliskan klausul mengenai jaminan pensiun, yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam perjanjian juga dicantumkan, apabila negara mengalami krisis ekonomi, maka yang pertama kali terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah PPPK.

Untuk tahun 2014 ini, pemerintah akan merekrut sekitar 40 ribu PPPK, dan PNS 60 ribu. Rekrutmen calon PPPK juga diumumkan bersamaan dengan pembukaan pendaftaran CPNS. “Berbeda dengan PNS, tidak ada batas usia untuk perekrutan PPPK.

Hal ini sejauh memiliki kompetensi, dan organisasi membutuhkan, ada kesempatan untuk mendaftar sebagai PPPK,” ungkap Eko Prasojo seperti yang dilansir dari website Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di www.menpan.go.id.

Dan kita tunggu bersama akan infomasi update terbaru terkait dengan pendaftaran cpns kemenkes 2014 serta cpns kemendikbud 2014 dan kementrian lainnya.

0 komentar:

Post a Comment